Tancap Gas, Hingga 30 Januari 2018, Bapenda Pekanbaru Realisasikan Penerimaan Rp40 Miliar

Rabu, 31 Januari 2018 | 09:30:31 WIB
Muhammad Jamil

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Pekanbaru langsung tancap gas mengejar realisasi penerimaan daerah tahun 2018.

Tercatat, hingga periode 30 Januari 2018, Dinas ini sudah menghimpun pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pajak dan retribusi sebesar Rp40 miliar. 

Hal tersebut dibenarkan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bapenda Riau, Muhammad Jamil Selasa (30/1/2018).

"Alhamdulillah, berkat kerja keras tim Bapenda Pekanbaru berhasil mendapatkan pemasukan daerah sebesar Rp 40 Miliar," jelas Jamil. 

Dikatakannya, tingginya pemasukan diawal tahun ini adalah bukti ketaatan setiap wajib pajak dalam membayarkan kewajibannya. 

" Dari sebelas objek pajak itu, ada dua yang signifikan pemasukannya yakni pajak PBB dan Pajak BPHTB, " papar Jamil lagi. 

Lanjut, Jamil seperti dilaporkan Riau Terkini, pihaknya sangat optimis bisa mencapai target PAD 2018 senilai Rp 799 Miliar. Apa lagi saat ini Bapenda telah dibekali dengan aplikasi canggih yang memudahkan masyarakat dalam membayarkan pajaknya. 

"Nama Aplikasinya Sipada (Sistem Aplikasi Pajak Daerah). Aplikasi ini bisa langsung menkoneksikan data yang ada di setiap bank dengan Bapenda Pekanbaru. Dengan begitu setiap WP bayar pajak maka laporannya langsung masuk ke Bapenda. Sehingga kita bisa langsung mengetahui WP mana yang belum bayar pajak dan ditindak lanjuti," papar Jamil lagi. 

Bagi mereka yang tidak taat bayar pajak tentu akan diberikan surat peringatan pertama dan kedua jika tidak patuh juga Bapenda akan melibatkan pihak Kejaksaan Negeri untuk Penagihan pajaknya. 

" Kita berharap itu tidak terjadi, karena setiap WP sudah sadar dan merasakan manfaat pajak. Yakni untuk membangun seluruh infrastruktur Kota Pekanbaru," singkatnya.(R02)

Terkini