Investasi Untuk Tol Pekanbaru - Dumai, Bank Mega Gelontorkan 12,25 Triliun, Sindikat Bank Rp16,8 Triliun

Ahad, 14 Oktober 2018 | 09:14:37 WIB
Skema kerja penyelesiaan Tol Pekanbaru-Dumai.

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- PT Bank Mega Tbk memberikan fasilitas kredit kepada PT Hutama Karya (Persero) sebesar Rp 12,3 triliun. Dana tersebut akan digunakan untuk membangun jalan tol Trans Sumatera Ruas Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 km.

Direktur Utama Bank Mega Kostaman Thayib mengatakan, pemberian fasilitas kredit tersebut diberikan secara integrated dengan 3 term loan yaitu pinjaman untuk pembangunan jalan, pinjaman berupa Interest During Construction (IDC) dan Cash Deficiency Support (CDS) dengan total sekitar Rp 12,25 triliun.

Adapun jangka waktu pembiayaan untuk term loan 1 dan 2 selama 15 tahun, sementara untuk Cash Deficiency Support (CDS) hingga 20 tahun.

“Pembiayaan Proyek Tol Trans Sumatera Ruas Pekanbaru-Dumai secara bilateral dari Bank Mega kepada Hutama Karya merupakan wujud nyata dukungan dan kontribusi terhadap pemerintah terutama dalam hal program percepatan sarana infrastruktur yang merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional," ujar dia di Bali, Jumat (12/10/2018).

Menurut Kostaman, kerjasama dengan Hutama Karya ini merupakan strategi Bank Mega untuk fokus menyalurkan pembiayaan pada bidang atau perusahaan dengan reputasi yang baik.

"Dan juga memberikan manfaat yang besar di masyarakat serta berperan aktif dalam pengembangan di berbagai bidang," tandas dia.

Pemerintah terus menunjukan keseriusan untuk berbagi risiko dalam investasi jalan tol melalui skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Dukungan disiapkan mulai dari tahap persiapan proyek, pelelangan dan konstruksi.

Karakter investasi jalan tol yang padat modal dengan tingkat pengembalian modal yang panjang diatas 30 tahun ternyata tidak menyurutkan minat dan kepercayaan pihak investor serta perbankan. Itu dikarenakan prospek Indonesia dalam beberapa dekade ke depan dinilai positif.

Terkait hal tersebut, telah dilakukan penandatanganan sejumlah perjanjian kerjasama antara Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dengan Perbankan dan Lembaga Keuangan dalam acara Indonesia Investment Forum 2018 (IIF 2018) yang menjadi bagian dari rangkaian kegiatan IMF-WBG 2018 di Nusa Dua, Bali, Kamis 11 Oktober 2018. 


Selain dukungan dari Bank Mega khusus untuk ruas Pekanbaru Dumai, Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero), Bintang Perbowo menjelaskan bahwa pihaknya juga  mendapatkan dukungan pembiayaan untuk penyelesaian tiga ruas Jalan Tol Trans-Sumatera, yaitu ruas Pekanbaru - Dumai, ruas Terbanggi Besar - Pematang Panggang serta ruas Pematang Panggang - Kayu Agung.

''Dengan target waktu penyelesaian yang semakin dekat, Alhamdulillah kami mendapat dukungan pembiayaan dari perbankan untuk ruas Pekanbaru - Dumai sebesar 16,8 triliun dan ruas Terbanggi Besar - Pematang Panggang serta ruas Pematang Panggang - Kayu Agung sebesar 14,4 triliun,'' ungkap Bintang dalam keterangannya, Sabtu (13/10/2018) kepada wartawan.

Dukungan pembiayaan tersebut dikukuhkan ke dalam tiga perjanjian kredit. Perjanjian Kredit yang pertama adalah untuk memenuhi pembiayaan dua ruas jalan tol yaitu ruas Terbanggi Besar - Pematang Panggang serta ruas Pematang Panggang - Kayu Agung.

Kreditur sindikasi perbankan dan lembaga keuangan adalah PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT CIMB Niaga Tbk, serta PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) sebesar Rp 14,4 Triliun.(R03)

Terkini