Detik-detik Harimau Sumatera di Pulau Burung Dikeluarkan dari Tembok Ruko

Ahad, 18 November 2018 | 11:36:03 WIB
Upaya evakuasi harimau sumatera di Pasar Pulau Burung. Foto: media lokal

PULAU BURUNG (RIAUSKY.COM)- Harimau sumatera yang terjebak di balik tembok ruko akhirnya berhasil dievakuasi, Sabtu (17/11/2018) dinihari.

Proses evakuasi dilaksanakan pada pukul 01.48 WIB setelah harimau tersebut dipastikan pingsan akibat tembakan bius yang digunakan Tim dari Balai Besar Konservasi dan Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau.

Hanya beberapa saat setelah dipastikan tidak sadar, petugas langsung bekerja cepat membuka lantai ruko dan harimau tersebut ditarik oleh beberapa petugas masuk ke dalam kandang. 

Suasananya memang cukup sulit karena, kondisi bangunan dan lokasi harimau tersebut cukup sempit. Jarak lantai ruko dan tanah berkisar 10-15 centimeter saja. 

"Ya, jadi setelah harimaunya tertidur,  tim membuka sebagian pondasi ruko untuk dilakukan proses evakuasi," terang Suharyono,'' Sabtu.

Lanjut dia, Harimau Sumatera itu kemudian dimasukkan ke dalam kandang evakuasi.

Upaya evakuasi ini pun tergolong siulit karena kandang yang disiapkan untuk menngkut harimau tersebut juga berukuran cukup besar, yakni mencapai 800 kilogram. 

''Tapi Alhamdulillah sudah selesai, begitu keluar lngsung dibawa menggunakan kapal ke Kota Tembilahan. Selanjutnya hari itu juga dibawa ke  Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera di Dharmasraya, Sumatera Barat,'' imbuh Suharyono.

''Lokasinya lebih dekat ke Dharmasraya, jadi dibawa ke sana,'' ungkap dia.

Harimau sumatera yang terjebak di kolong ruko Desa Pulau Burung, Kecamatan Pulau Burung tersebut dilaporkan terlihat warga sejak Rabu (14/11/2018) lalu.  
Harimau tersebut datang dari semak belukar lantas masuk ke kawasan psar diduga pada malam hari.Pada siang harinya sempat hendak keluar, namun terlihat warga sehingga sempat menjadi tontonan. 

Karena merasa terancam, harimau tersebut kembali masuk ke kolong ruko dan bersembunyi selama beberapa hari hingga akhirnya berhasil dievakuasi.

Terkini