Miris! Bolos Sekolah, Para pelajar Dihukum Satpol PP Sebutkan Teks Pancasila, Ada yang Tak Hafal Juga

Selasa, 25 Februari 2020 | 15:17:42 WIB
Pelajar yang membolos sekolah terjaring razia petugas Satuan Solisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. (Foto: iNews/Catur Edi Purwanto)

RIAUSKY.COM - Para pelajar yang membolos sekolah terjaring razia petugas Satuan Solisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah (Jateng). Mereka yang terjaring dihukum menyebutkan teks Pancasila.

Saat razia, petugas Satpol PP mendapati dua pelajar SMP sedang tiduran sambil merokok di warung di Kecamatan Bojongsari. Anggota menemukan ratusan bungkus obat batuk yang diduga untuk mabuk. Dua pelajar SMK yang keluyuran di tempat wisata juga terjaring razia.

Kasi Ketertiban Umum Satpol Purbalingga Sutriono menyayangkan terjaringnya pelajar di jam sekolah. Dia memastikan, razia akan terus dilakukan di beberapa lokasi, mulai dari tempat wisata hingga penyewaan video game.

"Menyedihkan sekali anak SMP di jam sekolah malah tiduran di warung. Mungkin sudah lagi mimpi," ucapnya, Selasa (25/2/2020).

Agar jera, petugas memberikan sanksi kepada pelajar untuk menyebutkan teks Pancasila. Sayang, salah satu pelajar salah menyebutkan sila ketiga hingga tiga kali.

"Tiga keadilan sosial bagi," ujar salah satu pelajar.

Pelajar tersebut pun diminta merevisi namun, sampai tiga kali ucap terus salah. Petugas pun memberikan pentunjuk dengan menyatakan kata pertama pada sila ketiga.

"Ulangi, ketiga itu Pe. Persatuan Indonesia," ujar salah satu petugas.

Di hadapan petugas, para pelajar memberikan surat penyataan tidak akan mengulangi perbuatannya. Petugas akan berkoordinasi dengan pihak sekolah agar sekolah untuk pembinaan kepada pelajar yang membolos. (R04)

Terkini