Waw... Ini Manfaat Rambut Jagung untuk Kesehatan Tubuh

Senin, 29 Mei 2023 | 13:41:05 WIB
Ilustrasi/net

JAKARTA (RIAUSKY.COM) - Tidak hanya bijinya, rambut jagung juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satu manfaat rambut jagung adalah menurunkan tekanan darah. Selain itu, bagian jagung ini juga bisa mengatasi berbagai kondisi, seperti kolesterol tinggi dan radang sendi.

Rambut jagung biasanya langsung dibuang ketika jagung hendak diolah atau dimakan. Padahal, rambut jagung mengandung banyak senyawa antioksidan, seperti tanin, allantoin, saponin, dan fitosterol. Selain itu, rambut jagung juga mengandung karbohidrat, protein, serat, serta vitamin seperti vitamin E dan vitamin K.

Beragam Manfaat Rambut Jagung
Untuk mendapatkan manfaatnya, rambut jagung sering diolah sebagai suplemen atau teh herbal. Berikut ini beberapa manfaat rambut jagung yang baik untuk tubuh:

1. Menurunkan tekanan darah
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa rambut jagung dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Ini karena kandungan di dalam rambut jagung memiliki sifat diuretik, artinya bisa membuang kelebihan air dan garam dari dalam tubuh.

Selain itu, senyawa dalam rambut jagung juga diketahui bisa menghambat kerja enzim yang membantu produksi hormon angiotensin II. Hormon ini dapat meningkatkan tekanan darah di dalam tubuh.

2. Mengatasi diabetes
Ekstrak rambut jagung juga dikenal khasiatnya untuk mengatasi diabetes. Ini karena rambut jagung bisa memperlambat penyerapan gula di usus, sehingga mampu mencegah lonjakan gula darah di atas normal setelah makan pada penderita diabetes.

3. Mencegah kolesterol tinggi
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa manfaat rambut jagung dapat menaikkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh. Oleh karena itu, rambut jagung baik dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi.

4. Mengatasi infeksi saluran kemih
Rambut jagung juga bermanfaat untuk mengurangi gejala infeksi saluran kemih (ISK), seperti nyeri dan rasa terbakar saat buang air kecil, karena memiliki sifat antiradang.

Selain itu, rambut jagung juga mengandung senyawa yang bersifat sifat antilithiatic. Senyawa ini dapat mencegah terbentuknya batu ginjal, yang menjadi salah satu penyebab ISK.

5. Meringankan radang sendi
Manfaat rambut jagung berikutnya adalah meringankan gejala radang sendi, seperti nyeri, bengkak, terasa panas, dan kemerahan pada sendi. Hal ini karena rambut jagung mengandung senyawa yang bersifat antiradang, seperti flavonoid dan terpenoid.

6. Mencegah glaukoma
Glaukoma adalah kondisi ketika saraf penglihatan di mata mengalami kerusakan, biasanya dikaitkan dengan peningkatan tekanan dalam bola mata.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang dengan tekanan darah tinggi yang mengonsumsi rambut jagung memiliki risiko lebih rendah terkena glaukoma. Dengan begitu, glaukoma dan penurunan kualitas penglihatan bisa dicegah.

Walaupun rambut jagung aman dikonsumsi dan mampu memberikan beragam manfaat, belum banyak penelitian yang mendukung manfaatnya untuk manusia.

Namun, konsumsi rambut jagung sebaiknya Anda hindari jika memiliki riwayat alergi terhadap jagung atau produk olahannya sebab bisa menimbulkan reaksi berupa gatal, bentol-bentol, dan ruam.

Jika Anda ingin memperoleh manfaat rambut jagung dengan mengonsumsi teh atau suplemen, sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu untuk memastikan keamanan serta dosis yang tepat dan sesuai dengan kondisi Anda.(R04)
Sumber Berita : alodokter.com

Terkini