Kerjasama dengan UGM, Pemkab Rohil Seleksi 39 Siswa Berprestasi

Rabu, 20 April 2016 | 13:25:07 WIB
Proses seleksi

BAGANSIAPIAPI (RIAUSKY.COM) - Bupati Rokan Hilir Suyatno meninjau langsung seleksi siswa berprestasi yang dilaksanakan pemerintah Kabupaten Rohil melalui Dinas Pendidikan Rohil bekerjasama dengan Universitas Gajah Mada di kantor Dinas Pendidikan Rohil Batu Enam.

 
Peserta yang ikut Penelusuran Bibit Unggul (PBU) ini merupakan siswa-siswa berprestasi yang direkomendasikan oleh kepala sekolah setiap kecamatan di kabupaten Rokan Hilir dan telah mendaftar melalui online. 
 
Sebanyak 39 siswa berprestasi tingkat SMK sederajat dinyatakan berhak mengikuti tes seleksi hari ini yang nantinya akan menyisakan 10 siswa dan akan didaftarkan masuk UGM oleh pemkab Rohil. 
 
"Kita berharap seleksi siswa ini setelah lulus dari UGM akan kita pekerjakan di dinas-dinas yang ada di Kabupaten Rokan Hilir dalam arti mengadi kepada pemerintah Rokan Hilir, karena kita sudah membiayai mereka," harapnya.
 
“Siswa yang mengikuti tes hari ini adalah keinginan mereka sendiri dan anak-anak asli Rokan Hilir dalam rangka mencerdaskan bangsa dan negara yaitu sumber daya manusianya” tambahnya. 
 
Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Rohil Amirudin mengatakan  dari Kabupaten Rokan Hilir akan membiayai mereka selama 8 semester termasuk biaya hidup disana bagi 10 siswa yang berhasil lulus tes hari ini dan lulus tes masuk UGM dalam arti kata bilamana mereka tidak dapat menyelesaikan mata kuliah dalam masa yang ditetapkan maka pihak pemerintah tidak lagi menanggung, terkecuali ada hal yang bisa dipertimbangkan atau di pertanggung jawabkan, seperti sakit dan sebagainya.
 
“Sementara untuk program studi yang kita daftarkan di Universitas Gadjah Mada adalah teknik mesin, teknik industri, teknik informasi elektro dan akutansi sesuai dengan kesepakatan" tambah Amiruddin.
 
Dinas pendidikan dalam waktu dekat ini juga akan membuat penyeleksian siswa bekerjasama dengan IPB dan beberapa universitas lainnya. (R15)

Terkini