Memotret Pekanbaru dari Waktu ke waktu Lewat Memorabilia Perpustakaan Tenas Effendy

Selasa, 26 Maret 2024 | 08:10:13 WIB

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Tak jarang, saat berkunjung ke suatu tempat kita menemukan foto-foto lama yang memiliki nilai penting dalam kehidupan suatu masyarakat, bahkan tak jarang memiliki nilai sejarah.

Kita lantas berdecak kagum, bukan saja dikarenakan kehebatan peristiwa di masa lalu yang terekam lewat foto atau video 'jadul' tersebut. Namun, juga kagum karena ternyata masih ada orang yang bisa menemukan foto atau penggalan video yang nyaris terlupakan oleh waktu itu.

Pengelola Perpustakaan Tenas Effendy sepertinya sangat memahami tentang pentingnya peran perpustakaan sebagai salah satu sarana penyimpan pesan sejarah  dari waktu ke waktu.

Tangkapan layar dokumentasi tentang Pekanbaru dalam bentuk video.

Karena itulah, perpustakaan yang dikelola oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Pekanbaru ini  memiliki akun yang diberi nama 'Memorabilia' yang bisa diakses oleh siapa saja yang ingin melihat dan mengetahui potret sejarah masa lalu, khususnya Kota Pekanbaru.

Riausky.com mencoba memasuki memori ruang dan waktu tersebut dengan mengakses satu-persatu foto yang Memorabilia yang merupakan salah satu dari menu utama dari website resmi Dispusip Pekanbaru.

Tangkapan layar dalam bentuk foto memorabilia.

Mulai dari foto-foto gedung-gedung lama yang ikonik yang  sudah dibangun semenjak berpuluh tahun lalu, seperti kantor gubernur Riau, Kantor Wali Kota Pekanbaru, komplek nyamuk, gedung SMAN 1 Pekanbaru, SMPN 1 Pekanbaru, kantor Imigrasi lama, kunjungan pertama Presiden Soeharto ke Kota Pekanbaru, instalasi pengolahan air bersih Tirta Siak Pekanbaru, foto-foto udara Pekanbaru di tahun 1970 dan 1980-an, foto kegiatan gubernur Riau masa lalu seperti Soeripto, foto aktivitas masa lalu Wali Kota Pekanbaru Usman Effendi Apan, Herman Abdullah dan bangunan-bangunan monumental yang menjadi salah satu ciri Kota Pekanbaru yang dulu pernah ada, namun kini sudah tiada.

Semua itu seolah membawa kita kepada kenangan masa lalu tentang Kota Pekanbaru yang kini telah tumbuh menjadi salah satu kota besar yang dihuni oleh jutaan orang masyarakat.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Pekanbaru, Hj Erna Juita SH, MSi mengungkapkan Memorabilia merupakan salah satu keunggulan yang dimiliki Perpustakaan Tenas Effendy Pekanbaru.

Tangkapan layar foto udara Kota Pekanbaru di Jalan Cempaka.

Beberapa foto maupu rekaman video yang disimpan melalui fotur Memorabilia ini bisa diakses kapan pun oleh publik yang memerlukan informasi ataupun dokumentasi tentang Kota Pekanbaru di masa lalu.

Meski masih dalam jumlah yang cukup terbatas, namun, Erna menjelaskan kalau  jumlah koleksi foto dan video yang tersimpan itu bisa terus bertambah seiring dengan bertambahnya data berupa foto atau pun video diterima oleh Dispusip.

''Selain dalam bentuk asli berupa foto manual, kehadiran Memorabilia ini juga bisa memastikan bahwa foto-foto yang suatu saat memiliki nilai sejarah terkait Kota Pekanbaru dan perkembangan Riau sebagai sebuah provinsi bisa tetap terjaga,'' jelas Erna.

Dia mengajak seluruh masyarakat untuk memanfaatkan fasilitas yang tersedia di Perpustakaan Tenas Effendy bukan saja sebagai sarana untuk pembelajaran, namun juga untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasan.

''Sekarang, untuk mendapatkan akses terhadap sebuah informasi bisa dilakukan dengan banyak cara. Termasuk untuk mendapatkan informasi terkait sebuah sebuah peristiwa yang bisa diakses bukan saja secara manual dengan adir langsung, namun juga bisa dilakukan dengan hadir secara virtual lewat fasilitas online yang disediakan,'' jelas Erna.

''Untuk mengakses foto-foto memorabilia di Perpustakaan Tenas Effendy ini, bisa dilakukan kapan saja, melalui fitur memorabilia. Kami berharap ini akan bisa sangat membantu memudahkan publik,'' imbuh dia.

Peran perpustakaan seperti ini, dijelaskan Erna Juita, sejalan dengan upaya pemerintah dalam mewujudkan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip sebagaimana diamanatkan Peraturan Kepala ANRI nomor 17 Tahun 2017.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru mengelola beberapa unit layanan kearsipan  dengan tujuan memberikan kesempatan bagi masyarakat dan institusi selaku pencipta arsip untuk menyimpan arsip yang sifatnya statis atau meminjam koleksi arsip yang dikelola Dispusip selaku lembaga kearsipan daerah sesuai dengan klasifikasinya serta menyediakan sumber informasi kearsipan dan dokumentasi daerah khususnya Kota Pekanbaru.(Advertorial)

 

Terkini