Asmar Serahkan Delapan Ambulance dan Pusling Untuk Puskesmas Se-Kabupaten Kepulauan Meranti

Asmar Serahkan Delapan Ambulance dan Pusling Untuk  Puskesmas Se-Kabupaten Kepulauan Meranti

SELATPANJANG (RIAUSKY.COM)- Sebanyak 8 unit kendaraan operasional roda empat diserahkan Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kepulauan Meranti, AKBP (Purn) H Asmar kepada 8 Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti. 

Serah Terima kendaraan roda empat berupa mobil ambulance dan puskesmas keliling (Pusling) tersebut, dilakukan di halaman Kantor Bupati Kepulauan Meranti, Senin (13/5/2024). 

Adapun 8 kendaraan tersebut terdiri dari 2 mobil ambulance yang diperuntukkan bagi puskesmas selatpanjang, dan puskesmas tanjung samak. Kemudian 6 mobil pusling diperuntukkan bagi puskesmas alah air, puskesmas alai, puskesmas teluk belitung, puskesmas bandul, puskesmas anak setatah, dan puskesmas kedabu rapat. 

"Hari ini kami serahkan kendaraan pusling dan ambulance bagi 8 puskesmas, pesan saya gunakan mobil ini sebaik mungkin, dimanfaatkan betul bagi masyarakat yang membutuhkan, dan rawatlah seperti kendaraan sendiri," pesannya. 

Dia juga mengingatkan kepada pengguna, dalam hal ini puskesmas untuk melakukan pemeliharaan rutin operasional bagi mobil tersebut. 

"Tidak ada alasan tidak ada minyak, tidak bisa mengganti oli, kalau kotor dibersihkan, jika tidak sanggup memelihara di kembalikan saja ke pemda, sehingga bisa betul-betul difungsikan untuk melayani masyarakat," harapnya. 

Dalam kesempatan ini, Plt Bupati Asmar juga menyampaikan perihal tertundanya pembayaran tunjangan pegawai. Hambatan ini terjadi karena anggaran belum tersedia dan masih menunggu transfer dana bagi hasil (DBH) pemkab Kepulauan Meranti dari pusat. 

"Saya memahami kondisi belakangan ini, terkait tunjangan pegawai kita masih menunggu transfer DBH, tidak ada yang kita tahan, segera akan kita bayarkan jika anggarannya sudah tersedia," ungkap Plt Bupati Kepulauan Meranti. 

Lebih lanjut dijelaskannya, situasi tersebut dikarenakan terdapat beberapa kendala teknis dalam penyaluran DBH. Plt Bupati Asmar juga menghimbau seluruh ASN untuk lebih bersabar. 

"Kita terus berupaya, mari sama-sama kita bersabar, mudah-mudahan dalam waktu dekat segera bisa dibayarkan," ujarnya. 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Meranti, Muhammad Fahri SKM menyebut, bantuan mobil pusling dan ambulance berasal dari Kementerian Kesehatan Tahun 2024. 

"Totalnya ada 8 mobil bantuan yang diserahkan hari ini yang bersumber dari DAK Kementerian Kesehatan Tahun 2024, sementara itu masih ada 2 mobil lagi yang kita usulkan, yaitu untuk puskesmas Sungai Tohor dan Pulau Merbau, mudah-mudahan segera kita dapatkan," jelasnya. 

Turut hadir dalam kegiatan ini, Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti Bambang Supriyanto, Para Staf Ahli Bupati, Para Asisten, sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah dan Pejabat di lingkungan Pemkab Kepulauan Meranti.(R21)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index