Pemkab Rohul Gelar Potang Bolimau Sambut Bulan Suci Ramadhan di masjid Agung Islamic Center

PASIR PENGARAIAN (RIAUSKY.COM)- Sudah menjadi tradisi tahunan, dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu (Rohul) menggelar Potang Bolimau.

Iven yang biasanya setiap tahun dilaksanakan di Tepian Sungai Batang Lubuh itu, dikarenakan faktor cuaca dan Banjir, maka tahun ini dipusatkan di depan Masjid Agung Islamic Center Rohul, Rabu (22/3/2023).

Prosesi Potang Bolimau diawali dengan Mengusapkan Air Limau di kepala secara bersamaan, mulai dari Bupati Rohul H. Sukiman dan Istri yang juga Ketua TP PKK Rohul Hj Peni Herawati Sukiman, Wakil Bupati Rohul H. Indra Gunawan dan Istri yang juga Ketua GOW Rohul Sri Yulita, Kapolres Rohul AKBP Pangucap Priyo Soegito SIK MH dan Istri,  Kakan Kemenag Rohul H. Zulkifli Syarif M.Pdi dan Istri.

Prosesi Bolimau dilanjutkan Bupati, Wakil Bupati dan Istri dengan mengusapkan Air Limau kepada Anak Yatim, Sekda Rohul M. Zaki S.STP M.Si dan Istri yang juga Ketua DWP Rohul Siska Irdanisngsih SH.

Bupati Rohul H. Sukiman menjelaskan bahwa pelaksanaan Potang Bolimau yang biasa setiap tahun dilaksanakan di tepian sungai batang lubuh, karena dahulunya masjid-masjid berada di tepi sungai.

Sukiman menjelaskan Kegiatan Potang Bolimau ini merupakan tradisi, di daerah lainya memang sebutannya berbeda namun pada hakekatnya adalah sama dalam rangka menjaga tradisi pada saat memasuki bulan Suci Ramadhan.

Oleh karena itu, Ia berharap Tradisi Potang Bolimau ini tradisi budaya yang perlu di lestarikan, kedepannya diharapkan perlu ditingkatkan dan meriah lagi yang kental dengan adat budaya Melayu dan Islami, sehingga bisa menjadi event daerah dan pariwisata.

Maka, tanpa mengurangi nilai-nilai luhur yang ada pada tradisi potang bolimau, untuk tahun ini karena mengingat kurang bersahabatnya cuaca dan terjadinya banjir di Sungai Batang Lubuh saat ini, serta menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,

"Maka  kita laksanakan di depan masjid Agung Islamic Center Kabupaten Rokan Hulu yang kita banggakan ini, sekaligus memberikan bantuan kepada anak Yatim dan warga korban Banjir dengan harapan untuk meringankan saudara-saudara kita yang terkena musibah banjir," harapnya.

Ia juga mengajak kepada seluruh umat muslim yang ada di Kabupaten Rokan Hulu, mengisi bulan suci Ramadhan 1444 H / 2023 M dengan melaksanakan ibadah puasa disiang hari dan mengisi amalan di malam ramadhan seperti Tarawih, zikir, tadarus Al Quran dengan ikhlas dan mengharapkan ridho dari Allah SWT.

Dikesempatan itu, Bupati Sukiman juga menyampaikan dan mengingat orang tua agar intens mengawasi anaknya agar terhindar dari penyalahgunaan Narkotika, Pasalnya, warga binaan Lapas Pasir Pengaraian didominasi dari kasus Narkoba.(Galeri Foto)
 

Bupati Rokan Hulu saat membei sambutan pada pelaksaan Potang Bolimau menyambut Bulan Suci Ramahad 1444 Hijriyah.

Bupati Rokan Hulu dan jajaran pemimpin daerah menyiramkan air limau kepada anak-anak sebagai simbolis pelaksanaan Potang Bolimau.

Bupati Rokan Hulu Sukiman dan istri, juga wakil Bupati Indra Gunawan saat menghadiri Potang Bolimau.

Bupati Rohul Sukiman dan istri juga Wakil Bupati Indra Gunawan dan istri juga Kapolres saat membasuh diri sebagai tanda bersucimemasuki Ramadhan.

Unsur Forkopimda, tokoh masyarakat menghadiri momen Potang Bolimau.

Unsur Forkopimda foto bersama di depan Masjid Raya Islamic Center Rokan Hulu.

Unsur Forkopimda bersiap untuk bolimau.

Bupati Rokan Hulu Sukiman saat memberi sambutan sebelum pelaksanaan Potang Bolimau.

Bupati Rokan Hulu Sukiman menyerahkan santunan kepada salah seorang anak.

Bupati Rohul Sukiman dan istri menyeramkan air limau kepada sejumlah anak pada momen Potang Bolimau di Masjid Raya Islamic Center Rohul.