Kasihan! Seekor Beruang Kena Jerat Pemburu di Kawasan Landscape Senepis-Dumai

Kamis, 15 Agustus 2019 | 18:54:23 WIB
Beruang yang terkena jerat pemburu

DURI (RIAUSKY.COM) – Bukan yang pertama kali, satwa kena jerat di kawasan Landscape Senepis, Kelurahan Batu Teritip, kota Dumai. 

Kali ini beruang yang diperkirakan berusia remaja menjadi korbannya. Beruang ini terjerat perangkap yang dipasang oleh orang yang tak bertanggung jawab.

Direktur Rimba Satwa Foundation (RSF) Zulhusni Syukri, Kamis, (15/08/2019) mengatakan beruang ini ditemukan dalam posisi terjerat saat dia dan team patroli perusahaan Suntara Gajah Pati (SGP) patroli di area kebun masyarakat (bekas hutan yang sudah dirambah). Kondisi hewan ini sungguh mengkhawatirkan.

“Terjerat kaki kanan depan. Melihat postur dan kondisi beruang diperkirakan berusia remaja. Perihal ini team sudah melaporkan ke BKSDA Riau. Kita terus berupaya membebaskan jerat dengan alat seadanya,” kata Husni seperti dikutip dari Riaulantang.com.

Selanjutnya Husni menjelaskan, selain menemukan Beruang yang terkena jerat, team gabungan juga menemukan puluhan jerat yang masih aktif.

“Puluhan jerat yang kita temukan, sudah kita musnahkan. Jerat-jerat ini jelas sangat mengancam satwa disini. Terutama Harimau Sumatera. Kawasan ini merupakan habitat dari Harimau Sumatera di Landscape Senepis,”tuturnya.

Pihaknya berharap pada masyarakat agar tidak lagi membuat jerat dikawasan tersebut.

“Sudah banyak Satwa menjadi korban jerat. Stop pasang jerat, agar Satwa-satwa ini tidak terancam dan ditakuti mengalami kepunahan. Mari bersama-sama melestarikan dan melindungi,” pungkasnya. (R13)

Terkini