Bupati Sukiman Buka MTQ XXIII Tingkat Kabupaten Rokan Hulu


PASIRPENGARAIAN (RIAUSKY.COM) – Bupati Rokan Hulu, H Sukiman membuka  Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXIII tingkat Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) tahun 2023, Kamis (23/02/2023) malam.

Kegiatan yang dipusatkan di Daratan Tinggi Pematang Baih, Pasir Pengaraian tersebut turut dihadiri oleh Gubernur Riau diwakili oleh staf ahli bidang hukum pemerintahan dan kemasyarakatan Yurnalis.

Selain itu, juga mendampingi Bupati Sukiman, Wakil Bupati Rokan Hulu, H Indra Gunawan, Ketua TP PKK Rohul, Peni Herawati, Sekretaris Daerah Setdakab Rohul, Muhammad Zaki S.STP M.Si, Ketua DPRD Rohul, Novliwanda Ade Putra dan seluruh Kepala Dinas maupun Badan di Lingkungan Pemkab Rohul, serta Camat maupun Kades se Kabupaten Rokan Hulu lainnya.

Sebelumnya, kegiatan pembukaan MTQ telah diawali dengan Pengajian Akbar bersama ustadzah Mumpuni Handayayekti yang dibarengi dengan peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW tahun 1444 H/2023 M yang dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Rohul, Komplek Pemda Pasir Pengaraian.

Selanjutnya kegiatan diikuti dengan pelantikan Majelis Hakim, Dewan Hakim dan Pembantu Dewan Hakim oleh Wakil Bupati Rokan Hulu, H Indra Gunawan di Masjid Islamic Center Rokan Hulu.

Selepas itu, Bupati Rokan Hulu, H Sukiman membuka secara resmi kegiatan MTQ XXIII tingkat Kabupaten Rokan Hulu 2023 yang dibarengi dengan devile dari perwakilan 16 kafilah Kecamatan yang ada di Negeri Seribu Suluk.

Dalam kata sambutan Bupati, H Sukiman mengaku bangga serta menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh panitia penyelenggara MTQ ke-23 tingkat Kabupaten Rokan Hulu tahun 2023 yang telah menunjukkan besarnya komitmen terhadap pembangunan etika moral spiritual sebagai pondasi dalam membangun karakter masyarakat Negeri Seribu Suluk.

“Khususnya generasi muda kita, sebagai generasi penerus perjuangan bangsa dan daerah yang sangat kita harapkan menjadi bagian dari generasi qur’ani,” jelas Bupati.

Dengan mengangkat tema “Dengan Membumikan Al-Qur’an di Kabupaten Rokan Hulu Kita Songsong Masyarakat yang Maju dan Sejahtera”, Bupati Sukiman berharap kegiatan MTQ tingkat Kabupaten Rokan Hulu ini mampu menggugah dan menjadi daya tarik tersendiri, khususnya sebagai penyemangat bagi generasi muda untuk mempelajari ilmu Al-Qur’an.

“Lebih jauh dari itu, kita berharap kiranya MTQ ke-23 tingkat kabupaten rokan hulu tahun 2023 ini akan menjadi media dakwah dan syiar keagamaan yang efektif untuk kembali memasyarakatkan nilai-nilai Al Qur’an kepada masyarakat ditengah derasnya arus modernisasi yang telah menggeser peradaban dan budaya daerah dan bangsa kita,” tambah Bupati.

Kepada Qori dan Qoriah yang akan bertanding, Bupati berpesan untuk berkompetisi semaksimal mungkin, dimana menjunjung tinggi sportivitas dan kebesaran hati.

“Kepada saudara-saudara yang nantinya berhasil menjadi qori’-qoriah’, hafidz-hafidzah, khathath, dan cendekiawan terbaik tingkat Kabupaten, kami ucapkan selamat atas keberhasilannya untuk mewakili Kabupaten Rokan Hulu ke tingkat yang lebih tinggi nantinya,” pungkas Bupati.(Galeri Foto)

Bupati Rokan Hulu SUkiman saat memberi sambutan pada pembukaan MTQ Kabupaten Rohul 2023.

Bupati Rokan Hulu Sukiman menyerahkan piala bergilir pelaksanaan MTQ kepada tuan rumah.

Wakil Bupati Rokan Hulu Indra Gunawan melantik dewan hakim MTQ.

Prosesi pelantikan dewan hakim MTQ Rokan Hulu tahun 2023.

Pembukaan MTQ ikut dimeriahkan dengan atraksi budaya.

Astaka MTQ Rokan Hulu Tahun 2023.

Devile kafilah MTQ memeriahkan pembukaan acara.

Sejumlah pejabat daerah, unsur Forkopimda ikut hadir pada acara pembukaan MTQ Rohul tahun 2023.

Unsur Forkopimda seksama mengikuti momen acara pembukaan MTQ Rokan Hulu Tahun 2023.

Ustazah Mumpuni Handayayekti menjadi penceramah yang hadir pada pembukaan MTQ Rohul 2023.

Ribuan masyakat Rohul tumpah ruah menyaksikan gelaran pembukaan MTQ.

Gelaran adat juga ikut memeriahkan pembukaan MTQ Rokan Hulu tahun 2023.