BNPB: Sudah 10 Orang Meninggal Karena Kabut Asap

BNPB: Sudah 10 Orang Meninggal Karena Kabut Asap

JAKARTA (RIAUSKY.COM) - Juru Bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan dampak asap akibat kebakaran hutan dan lahan telah menyebabkan 10 orang meninggal dunia di Sumatera dan Kalimantan baik dampak langsung maupun tidak langsung.

“Dampak langsung adalah korban yang meninggal saat memadamkan api lalu ikut terbakar. Sedangkan dampak tidak langsung adalah korban yang sakit akibat asap, atau sebelumnya sudah punya riwayat sakit lalu adanya asap memperparah sakitnya,” kata Sutopo, Sabtu (24/10) seperti dimuat JPNN.

Menurut Sutopo, 10 korban tewas ini di luar dari tujuh orang meninggal dan dua kritis saat mendaki Guntung Lawu kemudian terkepung karhutla dan akhirnya terbakar di Kabupaten Magetan, Jawa Timur, pada 18 Oktober 2015‎.

Menurutnya, sebaran asap di Sumatera dan Kalimantan masih meluas. Bahkan asap telah menyebabkan kualitas udara menurun hingga ke Filipina, Malaysia dan Singapora.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geo Fisika (BMKG) melaporkan, dari pantauan satelit Himawari menunjukkan asap tipis sedang menutup Laut Jawa. “Sebagian Jakarta tersapu asap tipis,” ujar Sutopo. (R02)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index