KAPOLDA GERAM... Ratusan Kubik Kayu Ilegal Ditemukan di Kawasan Giam Siak Kecil Bengkalis

KAPOLDA GERAM... Ratusan Kubik Kayu Ilegal Ditemukan di Kawasan Giam Siak Kecil Bengkalis
BENGKALIS (RIAUSKY.COM) - Kapolda Riau Dirjen Gakkum KLHK Rasio Ridho Sanisetelah melaksanakan peninjauan langsung pembalakan liar yang terjadi di kawasan Giam Siak Kecil menggelar konferensi pers.
 
"Satu orang pelaku pembalakan liar sudah diamankan tim gabungan Polda Riau dan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA), sementara tiga pelaku lainnya berhasil kabur," kata Kapolda Riau Irjen Pol Drs. Zulkarnain.
 
Dijelaskan Kapolda Riau, di lokasi pelaku juga ditemukan barang bukti ratusan kubik kayu olahan jenis campuran. Pelaku saat ini masih menjalani pemeriksaan lanjut untuk dilakukan pengembangan guna mengejar cukong dibalik dia. 
 
Selain itu, timgabungan Polda Riau dan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam  juga mencurigai keterlibatan seorang oknum perangkat desa setempat dalam pembalakan liar yang terjadi di Cagar Biosfer Giam Siak Kecil- Bukiat Batu, Kabupaten Bengkalis tersebut.
 
"Terkait oknum perangkat desa yang terlibat tim masih berada di lokasi CBGSK-BB masih mendalami keterkaitan tersebut," jelas Kapolda Riau.
 
Ditegaskan Kapolda Riau, pihaknya akan menindak tegas kepada pelaku pembalakan liar dan pengrusakan hutan dan pembalakan liar tersebut. 
 
"Saya juga berikan waktu dua minggu kepada Polres setempat untuk mengungkap dan menangkap pelakunya. Saya akan sikat para pelaku pembalakan liar dan pengrusakan hutan di Cagar Biosfer Giam Siak Kecil-Bukit Batu," tegas Kapolda Riau saat pres release di ruang Tribrata Polda Riau.
 
Tim melakukan pemusnahan kayu-kayu hasil pembalakan liar dengan menggunakan chain, membakar dan menghancurkan pondok serta menutup kanal-kanal yang terkait pembalakan liar.
 
Sekali lagi Kapolda Riau tegaskan akan menindak tegas oknum – oknumm ataupun pelaku pembalakan liar tersebut. "Yang jelas saya akan tindak tegas dan sikat habis para pembalak dan perusak hutan di Cagar Biosfer ini. Dan saya ingatkan, saya tidak akan bermain-main dalam memberantas pelaku-pelaku ini," tegas Kapolda Riau.
 
Bahkan akses untuk ke luar membawa kayu dari area tersebut hanya melalui satu kanal itu saja. "secara logikamasa tidak terlihat ada orang bawa kayu ke luar hutan. Kalau dari atas memang tidak begitu terlihat, tapi kalau dari darat kelihatan semua, bahkan ada relnya," jelasnya. (R02/Rgc)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index