Samakan Persepsi Bangun Pekanbaru

Wali Kota Beri Pembekalan RT, RW dan LPM

Senin,19 Oktober 2015 | 20:56:34 WIB
Wali Kota Beri Pembekalan RT, RW dan LPM
Ket Foto :
 
Pemerintah Kota Pekanbaru melakukan rapat koordinasi (Rakor) bersama seluruh RT, RW dan LPM se-Pekanbaru di Hotel Mutiara Merdeka Senin (19/10/2015). 
 
Rakor ini bertujuan untuk mengingatkan kepada para RT dan RW tentang tugas-tugas pokoknya. Dimana mereka juga menjadi perpanjangan tangan Wako di tingkat bawah yang mempunyai tugas utama memberikan pelayanan terbaik dan maksimal kepada masyarakat dan mensinergikan kebijakan apa yang dicanangkan pemerintah  untuk kemajuan Kota Pekanbaru.
 
Menurut Wako, rapat koordinasi ini sangat penting untuk mengingatkan kembali ujung tombak roda pemerintahan akan tugas dan fungsinya dalam melayani masyarakat. Pasalnya banyaknya keluhan atas sulitnya mendapat pelayanan yang prima dari pemerintah.
 
Ada beberapa masukan yang disampaikan Wali Kota Firdaus ST MT dalam upaya menciptakan sinergi pembangunan secara prima. Selain penanganan permasalahan kebersihan lingkungan, penanggulangan banjir pasca kemarau, juga sampai pada program pemetaan potensi masyarakat miskin di setiap kawasan pemukiman. 
 
"Memerangi kemiskinan harus bersama-sama agar dapat membangun masyarakat yang sejahtera. Para pemimpin harus mulai memetakan masyarakat untuk memberdayakan masyarakat miskin," sebut Wako.
 
Ada dua program pemberdayaan Program Masyarakat Berbasis Rukun Warga (PMB-RW) yang disosialisasikan Wako Pekanbaru. 
 
Program pertama, PMB-RW ini memiliki visi Tridaya, memberdayakan masyarakatnya, pemberdayaan ekonomi kerakyatan dan peningkatan kualitas lingkungan.
 
"Menjalankan program ini, baik RT dan RW, harus memiliki pemetaan masyarakat agar dapat diperoleh secara valid dan benar data dari masyarakat yang mereka pimpin. Ke depan agar program ini berlanjut, regulasi Perda-nya sedang dibahas," papar Wako.
 
Program kedua, pemberdayaan ibadah dengan diadakannya Masjid Paripurna di tiap kecamatan yang ada di Pekanbaru. Sehingga menanamkan nilai kerohanian masyarakat Pekanbaru bisa dilakukan di Masjid Paripurna.
 
"Setelah masjid paripurna kecamatan,  tahun depan Insya Allah akan dibentuk juga masjid paripurna kelurahan," kata Wako.
 
Wako menyampaikan persamaan presepsi kepada RT dan RW tentang konsep PMB-RW. "Alhamdulillah sudah ada kader RT, RW dan Ketua LPM sudah sesuai pemahamannya. Informasi dan pengetahuannya sudah sesuai. Program ini juga akan menjadi bahan rembuk dan share pengalaman strategi antar kader," ungkap Wako.
 
Sementara itu, Pemko Pekanbaru akan terus mengusulkan Perda PMB-RW dan Masjid Paripurna. Hal ini agar ke depan program ini tetap lanjut.
“Kalau masa jabatan saya hanya 1,5 tahun lagi, namun program baik hendaknya dilanjutkan oleh siapa pun pemimpin Pekanbaru ke depannya," pungkas Dr Firdaus ST MT.
 
Rapat Koordinasi yang dihadiri seluruh RT,RW dan LPM ini dihadiri sebanyak 2.981 Ketua RT, 736 Ketua RW, dan 58 Ketua LPM Kelurahan,  serta 12 Camat. Kegiatan yang ditaja oleh Bagian Administrasi Pemerintahan Umum Sekretariat Daerah Kota Pekanbaru ini diharapkan bisa semakin memperkukuh sinergitas pembangunan di Kota pekanbaru menuju Kota yang madani. 
 
Wako menekankan kepada seluruh unsur pelayanan masyarakat untuk aktif dalam memberikan pelayanan yang cepat, mudah dan maksimal. Dengan begitu investor akan lebih tertarik untuk datang ke kota Pekanbaru guna menanamkan modal sehingga mampu menunjang pertumbuhan ekonomi kota menjadi lebih cepat.
 
Sementara itu, Lurah Tengkerang Utara Jaspi Yubion dalam penjelasannya disela-sela rapat  mengatakan pihaknya siap berkoordinasi dengan RT, RW dan LPM se Tengkerang Utara untuk menjalankan instruksi Walikota pada Rapat Koordinasi dan pembekalan bagi RT, RW dan LPM kemarin, demi terwujudnya visi misi walikota Pekanbaru Firdaus. "Program RT, RW dan LPM harus sejalan dengan program Pemerintah Kota Pekanbaru sehingga dapat membantu mewujudkan visi misi Walikota," ujarnya.
 
Hal yang sama juga disampaikan Lurah Tengkerang Selatan Herman Yunus yang mengatakan pembekalan RT, RW dan LPM se Pekanbaru tersebut sangat penting bagi perangkat pemerintahan terkecil di Pekanbaru. (advertorial)
 

 


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
Loading...
Tulis Komentar Index »
Loading...
IKLAN BARIS