Bupati Harris Harapkan Peranan Aktif Semua Pihak dalam Penggulangan Karlahut

Bupati Harris Harapkan Peranan Aktif Semua Pihak dalam Penggulangan Karlahut
PANGKALAN KERINCI (RIAUSKY.COM) - Bupati Pelalawan H.M.Harris memimpin Rapat Koordinasi Penanggulan Karlahut Kabupaten Pelalawan Tahun 2017 bertempat di Auditorium Kantor Bupati, Selasa (8/8).
 
Tampak hadir Kapolres Pelalawan AKBP Pol Kaswandi Irwan,SIK beserta Jajaran, Kejari, Dandim, Anggota DPRD Pelalawan,Kepala BPBD Pelalawan Drs Hadi Penandio beserta jajaran, Kepala OPD, Para Camat, Pihak Perusahaan dan Kepala Balai, Komunitas Masyarakat Peduli Api dan Manggala Api.
 
Dalam sambutan pembukanya Kapolres Pelalawan AKBP Pol Kaswandi Irwan,SIK mengatakan bahwa khusus di Kabupaten Pelalawan telah mengadakan dua siaga yakni siaga banjir dan siaga darurat penanggulangan Karlahut. 
 
Ia juga memaparkan struktur organisasi di dalam penanggulangan karlahut dari polres dan polsek pelalawan. Sistem yang sudah berjalan di kabupaten pelalawan adalah yang terbaik bahkan untuk se Propinsi Riau, karena adanya keterpaduan kerja dari setiap stake holder yang bekerja dari atas sampai kebawah dengan terintegrasi dan tersistem.
 
Mantan Pejabat Kepolisian di Dirkrimsus Polda Riau ini mengatakan pentingnya kebersamaan untuk berkomitmen bersama dalam penangulangan karlahut ini. Didalam pemaparannya Kapolres Kaswandi melihatkan dihadapan forum kegiatan  penanggulangan Karlahut yang dilaksanakan oleh Polres Pelalawan, BPBP Pelalawan, Satpol PP, Muspika,Dandim serta pihak Kecamatan dan Anggota Pemadaman, terlihat personil pemadaman berjibaku untuk melakukan pemadaman. 
 
Hal yang menjadi perhatian khusus adalah peranan camat untuk memberikan pemahaman dan pengertian kepada kades dan masyarakat untuk bersama sama juga melakukan kesiagaan pemadaman dari karlahut, karena menurut Kapolres Pelalawan ini peranan aktif kepala desa dan  masyarakat masih kurang sehingga diperlukan untuk bersama sama dengan polsek dan danramil memadamkan api.
 
Sementara itu ditempat yang sama  Bupati Pelalawan H.M.Harris dalam sambutannya mengatakan adanya kesepakatan antara Polres dan Dandim didalam penanggulangan karlahut,masalah anggaran tentunya bisa diselesaikan dan disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah. Bupati Pelalawan  dua periode ini sangat miris kurangnya kesadaran dari kepala desa kurang peduli didalam pemadaman api dan pencegahan karlahut.
 
Ia berpesan kepada camat untuk tetap berkordinasi dengan polsek, kepala desa, masyarakat dan juga diharapkan camat untuk turun kelokasi kebakaran hutan.Bupati Harris berharap agar tidak terjadi nya asap seperti ditahun 2014.
 
Mantan Ketua Adkasi ini juga menyetil peranan dari pihak perusahaan agar senantiasa berperan aktif didalam pencegahan dan penanganan Karlahut di Kabupaten Pelalawan. (R09)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index