Azis Janji Pacu Sampan di Jembatan Kembar akan Jadi Agenda Tahunan

Azis Janji Pacu Sampan di Jembatan Kembar akan Jadi Agenda Tahunan

TAMBANG (RIAUSKY.COM) - Kegiatan Pacu Sampan Bupati Cup Jembatan Kembar Danau Bingkuang yang diselenggarakan oleh Ikatan Pemuda Palam Plaza (IPPP) Tambang akan dijadikan agenda pariwisata tahunan.

Hal tersebut disampaikan Bupati Kampar H Azis Zaenal saat membuka lomba Pacu Sampan Bupati Cup Jembatan Kembar Danau Bingkuang, Kecamatan Tambang, Rabu (6/9/2017) sore.

Azis Zaenal menjelaskan, selama ini masyarakat Riau bahkan nasional telah mengenal Pacu Jalur di Teluk Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi. Namun kedepan ia berharap iven Pacu Sampan Jembatan Kembar Danau Bingkuang juga dikenal masyarakat luas sebagaimana iven pacu jalur di Teluk Kuantan dan menjadi agenda pariwisata daerah dan nasional.

"Insya Allah  lokasi dan jalur untuk pelaksanaan pacu sampan ini akan lebih diperhatikan. Begitu juga lokasi untuk menonton, untuk berpacu maupun hal lain pendukung dalam kegiatan ini," ujar Azis.

Hal ini dilakukan kata Azis karena melihat animo masyarakat dalam kegiatan ini sangat tinggi. Agar perlombaan berjalan menarik ia menghimbau seluruh pemain maupun tim peserta mengutamakan sportifitas. "Untuk apa menang kalau tidak sportif, lebih baik kalah tapi sportif dan menghibur penonton " tegas Azis.

Terkait rencana pembangunan Pasar Danau yang tak jauh dari arena pacu sampan ini, Azis memastikan bahwa tahun ini pasar modern berbasis tradisional akan segera dimulai pembangunannya.

Tahun 2017 ini akan segera dimulai dengan tahap ganti rugi bangunan masyarakat yang ada di pasar saat ini. Ia minta ganti rugi mesti sesuai dengan standar dan aturan yang berlaku.  Dengan harapan masyarakat bersedia untuk diganti rugi dan jangan menambah-nambah ganti rugi yang tidak sesuai dengan nilai bangunan.

Kemudian untuk tahun 2018, pasar tersebut sudah masuk dalam anggaran untuk pembangunan fisik. "Kita akan buat pasar modern berbasis tradisional. Intinya kita sudah lama tertinggal, sebab dalam perecanaan pasar ini telah dilakukan 12 tahun yang lalu," beber Azis.

Di tempat yang sama, Wakil Ketua DPRD Kampar, Faisal yang juga terlibat dalam kepanitiaan pacu sampan menjelaskan,

pacu sampan jembatan kembar ini diikuti 64 tim untuk kalangan laki-laki. Menariknya, pacu sampan ini juga diikuti kaum perempuan. Ada 16 tim perempuan yang ikut bersaing menjadi yang terbaik. Pacu Sampan ini diselenggarakan hingga 14 September mendatang. (R10/Skc)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index