Ranperda RTRW Disahkan, Dana Investasi Rp75 Triliun Segera Masuk ke Riau

Ranperda RTRW Disahkan, Dana Investasi Rp75 Triliun Segera Masuk ke Riau
Ilustrasi

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Ranperda RTRW Provinsi Riau tahun 2017 – 2037 disetujui dalam rapat Paripurna Penyampaian Laporan Hasil Kerja Pansus terhadap Raperda tentang RTRW Provibsi Riau tahun 2017 – 2037 sekaligus Persetujuan Dewan dan Pendapat Akhir Kepala Daerah, Senin, 25 September 2017.

Kegiatan ini dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Riau, Sunaryo dan didampingi oleh Ketua DPRD Riau, Septina Primawati dan didampingi Wakil Ketua DPRD Riau, Kordias Pasaribu dan Noviwady Jusman.  

Pihak Pemerintah dihadiri Wakil Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasyim, Forkopimda dan 50 Anggota DPRD Riau. Turut hadir Walikota Dumai dan tokoh masyarakat Dumai dalam memberikan dukungan.

Kegiatan dibuka dengan penyampaian Laporan Hasil Kerja Pansus oleh Suhardiman Amby.  Disampaikan dalam kurun waktu pembahasan cukup panjang yang melelahkan akhirnya Pansus menyelesaikan tugasnya. 

Perda ini sangat ditunggu masyarakat karena sudah ditunggu sekitar 15 tahun. Luas kawasan hutan Riau sekitar 4,5 juta hektar dan luas holding zone sekira 405 ribu hektar.Setelah penyampaian laporan Pansus, kemudian Pimpinan sidang mintakan persetujuan pada seluruh anggota apakah disetujui atau tidak. Serentak Anggota Dewan yang hadir menyebutkan setuju dan disertai tepuk tangan yang riuh dari hadirin yang hadir.

Wan Thamrin Hasyim dalam pidato Pendapat Akhir Kepala Daerah, mengapresiasi pengesahan Ranperda RTRW ini. Ini merupakan payung hukum dalam langkah selanjutnya terhadap pembangunan, meningkatkan investasi. 

Ini tentu dilakukan evaluasi dulu oleh Pemerintah Pusat. Agar tidak ada terjadi masalah dikemudian hari.Selanjutnya penandatanganan nota persetujuan bersama antara Pemeritah Provinsi Riau dengan Pimpinan DPRD Riau. 

Sementara itu, terkait dengan pengesahan RTRW Riau, maka antrian investasi yang nilainya triliunan akan segera masuk ke Riau.

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdaprov Riau, H Masperi mengatakan, jika Ranperda RTRW segera disahkan, maka investasi-investasi sektorial yang masuk ke Riau akan bergerak lancar dan berkembang. 

"Sudah hampir Rp75 triliun dari berbagai aspek yang ingin berinvestasi tapi masih terkendala pada persoalan RTRW. Bahkan, di Dumai juga sudah ada Rp3 triliun yang menanti," ungkapnya. (R06)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index