KABAR GEMBIRA... Harga TBS Kelapa Sawit di Riau Naik Rp9,62 per/Kg

KABAR GEMBIRA... Harga TBS Kelapa Sawit di Riau Naik Rp9,62 per/Kg
Ilustrasi

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Ada kabar baik yang menghampiri petani kelapa sawit di Riau. Pasalnya, harga Tandan Buah Segar (TBS) kembali mengalami peningkatan dari sepekan sebelumnya.

Dari data Dinas Perkebunan Provinsi Riau terjadi kenaikan yang cukup signifikan. Yakni sebesar Rp 9,62 per kilogramnya menjadi 1,804,59/kg.

Sementara itu untuk kelompok sawit dengan usia 10 sampai 20 tahun juga mengalami kenaikan sebesar Rp 9,11 atau 0,45 persen dari minggu lalu, menjadi Rp 2.045,17/kg.

Hal itu disamapikan Kepala Seksi Pengolahan dan Pemasaran Perkebunan Mutu Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Riau, Dedi, Selasa (26/9/2017). 

Menurutnya, peningkatan yang terjadi karena beberapa faktor teknis.Seperti karena ada pergeseran rasio ekspor CPO Indonesia. Dimana Kementerian Perindustrian mencatat bahwa 70 persen ekspor minyak sawit merupakan produk turunan CPO dan 30 persen merupakan CPO.

"Dengan hal ini berarti pengembangan industri hilir CPO dalam negeri menunjukkan tren positif. Pergeseran bentuk produk ini berhasil mempertahankan kenaikan harga TBS di Provinsi Riau yang telah berlangsung selama sebulan terakhir," paparnya. (*)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index