SELAMAT... Riau Raih Dua Penghargaan di Ajang TTG di Palu

SELAMAT... Riau Raih Dua Penghargaan di Ajang TTG di Palu

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Provinsi Riau berhasil membawa pulang dua penghargaan tingkat nasional dalam lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional XIX yang dilaksanakan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) di Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah.

Penghargaan tersebut diterima atas perolehan juara I lomba stan pameran TTG dan juara II lomba Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek) Berprestasi Tingkat Nasional tahun 2017 yang diraih oleh Posyantek Wiraguna Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis, Riau.

Tropy dan penghargaan serta uang pembinaan sebesar Rp25.000.000 diserahkan Menteri Desa PDTT RI diwakili Direktur SDA dan TTG di Sirkuit Panggona Kota Palu yang diterima langsung Kepala Dinas PMD Riau, Syarifudin AR Jumat (29/9/2017).

"Tahun ini dalam ajang pameran Teknologi Tepat Guna , stan riau mengangkat tema Potensi Pariwisata dan Sumberdaya Alam Riau. Secara performansi tampilan stan Riu memberikan gambaran kepada pengunjung mengenai kekayaan pariwisata dan sumber daya hayati maupun non hayati yang ada di Riau," kata Syarifuddin di Pekanbaru, Minggu (1/10/2017).

Menurut Syarifudin, hasil penilaian juri menunjukkan keunggulan Riau yang jauh melampaui stan dari Provinsi lain dengan perolehan total nilai 2.707 menyusul Jawa Tengah dan Sulawesi Tengah, Lampung, Kalimantan Utara dan Jawa Timur.

"Kita juga ingin promosikan Pariwisata Riau diajang itu. Karena pariwisata Riau memiliki potensi yang tidak banyak diketahui orang," ungkapnya.

Sedangkan untuk lomba Posyantek, sebelumnya Posyantek Wiraguna telah diseleksi di tingkat Provinsi Riau dan diseleksi ditingkat nasional dan berhasil jadi juara II.

"Dari 34 provinsi yang mengutus peserta lomba dipilih 10 peserta terbaik berdasarkan seleksi administrasi. Kesepuluh peserta terpilih dilakukan veriikasi lapangan oleh tim verifikasi dari Kementerian Desa PDTT RI untuk menentukan 6 besar nominasi juara nasional," urainya.

Syarifudin mengatakan keberhasilan Riau meraih dua prestasi juara sekaligus merupakan keberhasilan semua pihak terutama dalam pembinaan pemerintah terhadap pengembangan dan penerapan teknologi tepat guna dimasyarakat. Hasil yang dicapai Posyantek wiraguna sangat menggembirakan dan dapat mendorong pemasyarakatan TTG lebih baik lagi di Provinsi Riau.

"Tentunya kita mendorong daerah lain untuk meraih prestasi yang tinggi lagi di bidang teknologi ini. Khususnya daerah daerah di Pedesaan," jelasnya.

Tahun ini lanjut Syarifudin, Riau membawa kontingen yang besar sebanyak 130 orang terdiri dari unsur Kabupaten Rokan Hulu, Pelalawan, Bengkalis, Kota Pekanbaru, Kota Dumai, Indragiri Hilir, Kampar, Kepulauan Meranti, Siak dan Kuantan Singingi.

"Antusias keikutsertaan kabupaten kota juga cukup tinggi," tuturnya. (R07/Mcr)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index