KPU Pelalawan Mulai Cetak 202.401 Surat Suara

KPU Pelalawan Mulai Cetak 202.401 Surat Suara
Ilustrasi

 

PANGKALANKERINCI (RIAUSKY.COM) - Saat ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pelalawan memasuki tahapan logistik pencetakan surat suara. Dan mulai Jumat (13/11) kemarin, KPU mulai mencetak surat suara di salah satu percetakan yang ada di Pekanbaru.
 
Jumlah surat suara yang dicetak oleh KPU Pelalawan dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) 193.747 pemilih ditambah 2,5 persen dan 2000 surat suara pemilu ulang.      
 
"Jadi total surat suara keseluruhan berjumlah 202.401 surat suara. Ya, kita mencetak di percetakan di Pekanbaru dan insya Allah akan selesai selama 3 hari dan langsung dikirim ke KPU Pelalawan begitu selesai," ujar Ketua KPU Pelalawan Nasaruddin US SH melalui Ketua Divisi Perencanaan Keuangan dan Logistik KPU Pelalawan Wawan Subekti, Jumat (13/11) di Pangkalan Kerinci.      
 
Diungkapkannya, bahwa jika surat suara itu telah sampai ke KPU Pelalawan, maka pihaknya akan langsung mensortir, melipat dan mendistribusikan sesuai tahapan yang tercantum dalam PKPU No.2 th 2015. Pasca kedatangan surat suara sampai ke pendistribusian, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Polres Pelalawan guna pengamanannya.      
 
"Kita telah berkoordinasi dengan aparat keamanan Polres Pelalawan. Surat suara akan dijaga selama 24 jam dengan 6 personil yang disediakan ditambah 4 orang dari sekretariat KPU Pelalawan," sebutnya.    
 
Tidak hanya itu, sambung Wawan, pihaknya juga telah berkoordinasi Panwaslu Pelalawan untuk pengawasannya selama proses surat suara begitu sampai di KPU Pelalawan. Setelah selesai surat suara akan disortir, kemudian dilipat, maka akan dilakukan pengesetan.
 
Jadi kemungkinan pendistribusian akan dilakukan pada masa tenang, kecuali Kuala Kampar dan Teluk Meranti yang akan didistribusikan lebih awal dikarenakan jarak yang jauh.      
 
"Jadi, untuk 10 kecamatan maka pendistribusian surat suara ini ke kecamatan-kecamatan akan kita lakukan pada masa tenang. Sedangkan untuk dua kecamatan lainnya yakni kecamatan Kuala Kampar dan Teluk Meranti, kita akan lakukan pendistribusian paling tidak sebelum masa tenga atau akhir November ini. Untuk itu, kita harap nantinya pendistribusian surat suara ini tidak mengalami kendala, sehingga pelaksanaan Pilkada nantinya dapat berjalan sukses dan lancar," pungkasnya. (MCR/R02)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index