Dari 239 Desa, PLN Kebut Listriki 104 Desa di Riau Hingga Akhir 2017

Dari 239 Desa, PLN Kebut Listriki 104 Desa di Riau Hingga Akhir 2017
Ilustrasi

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - PLN Wilayah Riau-Kepulauan Riau menargetkan hingga akhir 2017 bisa mengaliri listrik di 104 desa di Riau. 

Target ini merupakan separuh dari total 239 desa yanga belum teraliri listrik.

"Jumlah desa di Riau ada 1.835 dan sudah dialiri listrik 1.666 desa. Dari jumlah itu tercatat ada 236 desa belum terlistriki. Target kita hingga akhir tahun ini akan memasang jaringan listrik untuk 104 desa," kata Manejer SDM dan Umum PLN Wilayah Riau-Kepri, Dwi Suryo Abdulah.

Dalam menuntaskan sambungan listrik ke 104 desa ini, kata Dwi, pihaknya menanamkan investasi sebesar Rp 210 miliar. Investasi ini hanya untuk membeli mesin diesel yang ditempat di sejumlah desa yang berada di wilayah kepulauan. Dari 42 mesin itu akan menghasilkan 35,6 Mega Watt.

"Itu hanya hitungan investasi pembelian mesin saja. Ini tentunya di luar investasi pemasangan jaringan," kata Dwi.

Pembelian mesin ini, kata Dwi, karena sejumlah desa banyak berada di wilayah kepulauan. Misalkan saja di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) dan Kabupaten Kepulauan Meranti. Selebihnya ada desa di Kabupaten Rohul, Rohil, dan Kota Dumai. Namun desa tersebut juga jauh dari jaringan interkoneksi.

"Saat ini kita tengah menggesa untuk memasang mesin tersebut. Kita targetkan sampai akhir tahun ini 104 desa bisa tersambung listrik PLN," kata Dwi.

Untuk tahun 2018 mendatang, kata Dwi, pihaknya menargetkan sisa 132 desa yang belum terpasang listrik. Untuk memasang jaringan tersebut, nantinya PLN juga kembali menanamkan investasi.

"Kalau target secara nasional, pemasangan listrik hingga ke pelosok desa akan selesai 2019. Namun demikian, kita berharap pada tahun 2018 Riau sudah terang seluruhnya sampai ke polosok desa," kata Dwi. (R03/Dtc)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index