2 Pekerjanya Tewas, Pembangunan Hotel Mimosa di Pekanbaru Terancam Dihentikan

2 Pekerjanya Tewas, Pembangunan Hotel Mimosa di Pekanbaru Terancam Dihentikan
@http://pekanbaru.tribunnews.com

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Kecelakaan pembangunan konstruksi masih saja terjadi di Provinsi Riau, bahkan terulang di lokasi yang sama seakan perusahaan yang bersangkutan tidak maksimal dalam menerapkan manajemen keselamatan dan kesehatan kerja (K3).

Salah satu contohnya, pembangunan Hotel Mimosa yang berada di Jalan Riau, Kota Pekanbaru, Riau yang kembali "memakan" korban jiwa. 

Kali ini, salah seorang pekerjanya tewas mengenaskan, usai tertimpa Dinamo yang jatuh dari ketinggian, Selasa (27/2/2018) kemarin.

Dalam hal ini, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Riau akan langsung meminta surat pernyataan kepada perusahaan terkait jaminan K3 bagi pekerja-pekerja bangunan yang mereka pekerjakan.

"Kami akan meminta surat pernyataan untuk memenuhi standar K3. Jika tidak juga dipenuhi, maka proses pembangunan hotel tersebut akan dihentikan hingga waktu yang tidak ditentukan sampai keselamatan pekerja betul-betul diperhatikan," kata Kepala Disnakertrans Riau, Rasidin Siregar di Pekanbaru, Rabu (28/2/2018).

Untuk menindaklanjuti hal itu, Rasidin pun telah mengirimkan dua tenaga pengawas. Nantinya, mereka lah yang akan melakukan identifikasi terhadap kecelakaan kerja tersebut.

"Perusahaan tersebut belum melapor kepada kami. Justru informasi ini malah kami terima dari media, saya langsung perintahkan dua tenaga pengawas untuk memproses," sebutnya.

Sesuai prosedur, lanjut Rasidin, apabila terjadi kecelakaan kerja, maka perusahaan wajib melapor ke BPJS Ketenagakerjaan dalam waktu 1x24 jam. Setelahnya baru laporan tersebut diteruskan ke Disnakertrans.

"Nah, tenaga pengawas ini akan melakukan identifikasi mengenai kronologis terjadinya kecelakaan. Apakah murni kecelakaan kerja karena kelalai pekerja atau memang perusahaan tidak menerapkan K3," tuturnya. (R05/Mcr)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index