Plt Gubri Dipastikan Hadiri Mandi Safar di Pulau Rupat

Plt Gubri Dipastikan Hadiri Mandi Safar di Pulau Rupat
Kegiatan mandi Safar masyarakat Bengkalis di Pulau Rupat

 

BENGKALIS (RIAUSKY.COM) - Kegiatan mandi safar tahun ini bakal berlangsung lebih meriah, pasalnya Plt Gubri Arsyadjuliandi Rachman memastikan diri akan menghadiri kegiatan tersebut, bahkan ia meminta agar agenda lain dibatalkan agar ia bisa menghadiri acara yang akan dihelat pada Sabtu (5/12) mendatang.
 
Seperti tahun-tahun sebelumnya, kegiatan mandi safar ini akan di dipusatkan di Pantai Tanjung Lapin, Kecamatan Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis.
 
"Sesuai agenda yang kami terima dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, Plt Gubri memang akan menghadiri langsung kegiatan tersebut," jelas Penjabat Bupati Bengkalis H Ahmad Syah Harrofie.
 
Ditambahkannya, Plt Gubri memnag sejak lama ingin mengunjungi Pulau Rupat, terutama menghadiri kegiatan ritual budaya Mandi Safar tersebut, bahkan Plt Gubri sudah mengintruksikan aparaturnya agar menunda kegiatan Pemprov Riau lainnya yang harus dihadirinya pada hari itu.
 
Sebagai catatan, Kegiatan mandi safar ini juga dalam rangka menjadikan Pulau Rupat sebagai destinasi pariwisata unggulan di Indonesia.
 
Rangkaian kegiatan selain mandi safar di Pulau Rupat, dijelaskannya, meliputi bakti nusantara, lomba untuk kelompok nelayan, jalan santai membersihkan pantai, pemberian penghargaan kelompok nelayan dan masyarakar pesisir, bantuan perlengkapan sekolah untuk anak nelayan, pameran produk olahan perikanan kelautan, pawai, dzikir akbar dan penampilan seni budaya Pulau Rupat.
 
Selain merupakan tradisi dan ritual masyarakat, kegiatan ini juga sudah menjadi iven budaya yang dikemas menjadi iven wisata yang memiliki dampak ekonomi kerakyatan yang sangat besar. 
 
Contohnya saja, pada tahun 2014 lalu, ribuan orang dari berbagai daerah dan bahkan dari negeri Jiran Malaysia datang ke Pulau Rupat untuk mengikuti kegiatan tahunan yang dipusatkan di pantai.
 
Dengan adanya kegiatan tahunan di pantai Pulau Rupat bagian Utara ini, bisa meningkatkan kunjungan wisatawan lokal dan international. Pulau rupat sendiri tidak hanya memiliki keindahan pantai, keanekaragaman budaya pun terbukti dengan adanya tari zapin api.
 
Zapin api, merupakan tarian ciri khas yang dimiliki oleh masyarakat di Pulau Rupat. Karena tidak ada tarian yang menyerupai zapin api diseluruh Indonesia in, tari zapin api hanya ada di Pulau Rupat. (Adv)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index