Kajagung Pimpin Ground Breaking Gedung Kejati Riau dan Resmikan Gedung Kejari Pekanbaru

Kajagung  Pimpin Ground Breaking Gedung Kejati Riau dan Resmikan Gedung Kejari Pekanbaru
Kajagung RI M Prasetyo dan jajaran Forkopimda saat melihat maket pembangunan Gedung Kejati Riau.Foto; Go Riau.

PEKANBARU  (RIAUSKY.COM)- Pembangunan gedung baru Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau, Jumat (11/5/2018) pagi dimulai. 

Proses pembangunan dilaksanakan bersamaan dengan pelaksanaan Ground Breaking dan penekanan sirine  yang secara simbolis dilakukan oleh  Jaksa Agung RI Muhammad Prasetio dengan disaksikan Jaksa Agung muda Bidang Intelijen (Jamintel) Jan S Maringka, Sekdaprov Riau Ahmad Hijazi, Kapolda Riau Irjen Pol Nandang, Kajati Uung Abdul Syakur, Ketua DPRD Riau, Septina Primawati serta jajaran Forkopimda juga Plt. Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi.

Dalam penjelasannya, Prasetyo mengapresiasi, pembangunan gedung 7 lantai untuk Kejati Riau. Dia pun berharap, bukan hanya gedung yang akan mentereng, namun juga kinerja jajaran Adhiyaksa.

''Gedung megah ini nantinya harus mampu diimbangi dengan pelayanan dan dedikasi dari jajaran kejaksaan. Sinergi ini harus didukung dengan kinerja dalam penegakan hukum yang lebih baik serta memenuhi azas keadilan,'' ungkap Prasetyo.

Dikatakan dia, pembangunan gedung  ini hendaknya jadi sarana guna meningkatkan hubungan kejaksaan dengan instansi terkait lain dan masyarakat agar lebih harmonis. Begitu juga pendampingan yang diberikan Tim Pengawal, Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) dalam mendampingi pemerintah.

"Secara preventif, tim TP4D di seluruh Riau harus mampu tunjukan performa. Hal ini dalam rangka mencegah tindak pidana korupsi yang rawan terjadi dalam sektor pembangunan," Prasetyo.

Akan halnya Kepala Kejaksaan Tinggi Riau Uung Abdul Syakur  tak lepas menyampaikan terima kasihnya atas dukungan yang diberikan Pemprov Riau untuk pembangunan gedung tujuh lantai yang akan menggantikan gedung lama yang sudah berdiri selama 20 tahun terakhir.

Proyek pembangunan gedung Kejati Riau ini setidaknya akan menelan biaya Rp92 Miliar. Gedung mewah ini rencananya akan  dikerjakan PT Hutama Karya dan selesai masih dalam tahun berjalan.

Gedung Kejati Riau ini mengadaptasi  nilai-nilai adat dan istiadat Melayu Riau, sehingga bukan saja menjadi kebanggan bagi Korp Adhyaksa, namun juga menjadi ikon dalam penegakan hukum di Provinsi Riau.

Selain memimpin ground breaking gedung Kejati Riau, Jaksa Agung M Prasetyo juga melakukan peresmian penggunaan gedung baru Kejaksaan Negeri Pekanbaru di Jalan Sudirman. 

Prasetyo melakukan peninjauan terhadap kondisi bangunan yang akan menjadi tempat bekerja jajarannya itu. Dia pun berharap, dengan gedung baru, bisa lebih meningkatkan semangat dan motivasi kerja bagi jajaran kejaksaan dan hendaknya juga bisa lebih meningkatkan sinergitas dalam menciptakan pemerintahan yang bersih dan bebas dari praktik korupsi.

Kajagung juga menyempatkan diri berdiskusi dan meninjau pelaksanaan bakti sosial jajaran Kejari Pekanbaru bersama sejumlah lembaga yang diantaranya dilakukan dalam kegiatan donor darah, sunatan massal juga operasi katarak. (R03)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index