Riau Juara Umum Pornas VIII SOIna 2018, Gubri: Ini Ajang Promosi Daerah

Minggu,22 Juli 2018 | 18:36:45 WIB
Riau Juara Umum Pornas VIII SOIna 2018, Gubri: Ini Ajang Promosi Daerah
Ket Foto :

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Riau berhasil pertahankan juara umum pada Pekan Olahraga Nasional (Pornas) VIII SOIna 2018 di Pekanbaru, Riau. Untuk meraih juara umum itu Riau berhasil mengumpulkan 52 medali.

Sebanyak 52 medali itu terdiri dari 18 emas, 16 perak dan 18 perunggu. Sedangkan peringkat dua diraih oleh DKI Jakarta dengan mengumpulkan 41 medali yang terdiri dari 17 emas, 10 perak dan 14 perunggu.

Selanjutnya disusul Sumatera Barat dengan mengumpulkan 36 medali terdir dari 15 emas, 11 perak dan 10 perunggu. Kemudian disusul Jawa Barat dengan meraih 38 emas terdiri dari 13 emas, 13 perak dan 12 perunggu.

Sementara itu peringkat lima ditempati Jawa Tengah dengan meraih 31 medali yang terdiri dari 11 emas, 9 perak dan 11 perunggu.

Berhasilnya Riau mempertahankan juara umum sangat disambut baik Ketua Pengda SOIna Riau, Iwa Sirwani Bibra beserta pengurusnya. "Kita sangat bersukur Riau bisa pertahankan juara umum pada Pornas VIII SOIna 2018," ujar kata Ketua Pengda SOIna Riau, Iwa Sirwani Bibra kepada wartawan, Minggu (22/7/2018).

Prestasi yang diraih itu kata Iwa tidak lepas dari kerja keras atlet dan pelatih saat menjalani latihan. "Oleh karena itu saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh atlet Riau," ucap Iwa. (rsy)

Sementara itu, acara ini menurut Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman merupakan ajang untuk promosi daerah.

Hal ini disampaikan Gubri pada pembukaan Pornas VIII SOIna 2018 di Stadion Kaharudiin Nasution Rumbai, Jum'at (20/7/2018) malam.

"Silahkan kontingen se Indonesia menikmati keindahan dan keanekaragaman kuliner di Bumi Melayu Lancang Kuning ini," ujar gubernur.

Gubernur mengharapkan Pornas ini akan meningkatkan prestasi olahraga, dan mencari bibit  atlet difabel -Indonesia. "Ini ajang pembinaan para atlet SOIna seluruh Indonesia sepanjang 2018 dan menjadi ajang seleksi atlet SOIna nasional untuk nantinya dipersiapkan menghadapi Special Olympic World Summer Games (SOWSG) di Abu Dhabi tahun 2019 mendatang," jelas pria yang biasa disapa Andi Rachman itu.

Pembukaan Pornas VIII SOIna 2018 berlangsung dengan meriah dengan  penyulutan api obor dan pesta kembang api, meski sempat diguyur hujan deras beberapa saat di Stadion Kaharuddin Nasution, Rumbai, Kota Pekanbaru.

Dalam kegiatan ini ada 12 cabang olahraga (cabor) yang dipertanggungkan, yakni atletik, renang, bulutangkis, tenis meja, basket, sepakbola, bowling, bocee, voli, senam, bola tangan dan futsal.

Tercatat ada sekitar 2.000 orang, terdiri dari 1.066 atlet dan sisanya dari official, pelatih dan pendamping atlet hadir pada pembukaan Pornas VIII SOIna 2018 di Riau.

Pada pembukaan Pornas VIII SOIna 2018 di Stadion Kaharuddin Nasution, Rumbai, Kota Pekanbaru Menpora Imam Nahrawi diwakili Deputi I Pemberdayaan Pemuda Prof. Faisal, SH, MSi turut dihadiri oleh perwakilan gubernur dari 20 kontingen dan juga gubernur seluruh Indonesia. (R07/Advertorial)


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
Loading...
#Advertorial Pemprov Riau Index »
Tulis Komentar Index »
Loading...
IKLAN BARIS