4 Tahun DPO, drg Marianne Donse Tobing Terdakwa Korupsi Vaksin Umrah Pekanbaru Ditangkap di Tarutung

4 Tahun DPO, drg Marianne Donse Tobing Terdakwa Korupsi Vaksin Umrah Pekanbaru Ditangkap di Tarutung
Pelaku saat diamankan

RIAUSKY.COM - Empat tahun sudah drg Marianne Donse Tobing lari dari Kejaksaan Negeri Pekanbaru sejak ditetapkan sebagai tersangka.

Puncaknya Jumat (27/7/18) tengah hari saat membeli ulos di kampung halaman orangtuanya di Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara, Ia dibekuk tim Asintel Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara yang dipimpin Leo Simanjuntak.

Selain drg Marianne Donse Tobing terlibat pula dua nama lainnya yaitu dr Iskandar yang masih menjadi Daftar Pencarian Orang (DPO) Kejari Pekanbaru dan nama terakhir dr Suyitno ditengarai telah menyelesaikan masa hukumannya.

Sebelumnya Ketiganya merupakan pegawai Kantor Kesehatan dan Pelabuhan (KKP) Pekanbaru yang menjadi terdakwa dalam korupsi vaksin maningitis untuk jemaah haji tahun 2011 dan 2012.

"Sebenarnya selain Marianne Donse Tobing ada nama lain yang terlibat yaitu dr Iskandar, dia masih DPO dan dr Suyitno. Ketiganya pegawai KKP yang korupsi vaksin maningitis, namun setelah lalui proses hukum dan rencana ditahan dr Marianne Donse itu hamil, ditangguhkan kemudian lari sama seperti dr Iskandar saat itu kecelakaan patah kaki kemudian lari dan masih DPO kita," ujar Kepala Kejaksaan Negeri Pekanbaru Suripto Erianto seperti dilansir Tribun Medan.

"Sesuai putusan PN Pekanbaru, Maria Donse Tobing terbukti melanggar pasal 12e ndang-Undang Nomor 31 tahun 1999 Jo umdang undang Nomor 21 tahun 2001 yaitu kurungan penjara badan selama empat tahun, denda 200 juta rupiab dengan uang pengganti senilai 6,5 juta rupiah, terang Suripto dalam press release yang digelar di Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara Jalan AH Nasution, Medan Jumat tengah malam.

Selama proses press rilis digelar, terdakwa Marianne Donse Tobing tampak menangis dan menyebut nama Tuhan.

Kendati melakukan upaya hukum lain ke Pengadilan Tinggi Pekanbaru dan Mahkamah Agung November 2014, putusan terhadap Marianne Donse Tobing justru menguatkan putusan Pengadilan Negeri Pekanbaru sebelumnya. Atas perbuatan terdakwa drg Marianne Donse Tobing negara alami kerugian senilai Rp 587.370.000.

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index