Sudah 14 Hari, Kebakaran Lahan di Penyaguhan Inhu Belum Berhasil Dipadamkan

Sudah 14 Hari, Kebakaran Lahan di Penyaguhan Inhu Belum Berhasil Dipadamkan

RENGAT (RIAUSKY.COM)- Usaha Satgas Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Indragiri Hulu (Inhu) masih terus dilakukan untuk pemadaman di lokasi kebakaran lahan di Desa Penyaguhan, Kecamatan Batang Gansal, Kabupaten Inhu.

Bahkan tidak diketahui,  entah sudah berapa luas lahan yang telah mereka padamkan.  Namun kepulan asap tebal tetap saja keluar dari lahan gambut tersebut. 

Kepala KPBD Inhu, Widodo menyampaiakan hingga Kamis (3/8/2018) kemarin sudah 14 hari petugas melakukan pemadaman di Desa Penyaguhan.

"Kalau dihitung sudah 14 hari kita melakukan pemadaman api di Desa Penyaguhan," kata Widodo. Namun Widodo menjelaskan pihaknya tidak bisa memperkirakan luasan lahan yang terbakar. Kondisi lahan di Desa Penyaguhan merupakan lahan gambut. Selain itu kedalaman gambut di Desa Penyaguhan tersebut diperkirakan lebih dari satu meter. Sehingga api sulit dipadamkan.

"Kondisi lahan gambut, jadi kita sulit memadamkan. Namun karena hujan pada Rabu (1/8) malam cukup membantu pemadaman," katanya. Selain menurunkan petugasnya, KPBD Inhu juga dibantu satu unit helikopter dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau. "Ada tiga orang petugas yang kita tempatkan di sana untuk memandu helikopter untuk melakukan water bombing," kata Widodo. 

Selama bulan Juli 2018 kemarin, KPBD Inhu juga mencatat sejumlah titik api yang muncul di beberapa lokasi, diantaranya Desa Alim, Kecamatan Batang Cenaku dan Kecamatan Batang Peranap, Inhu. "Di Desa Alim memang sempat terdeteksi ada hotspot, namun petugas langsung sigap dan melakukan pemadaman," katanya. Pemadaman di Desa Alim tuntas dilakukan satu hari. 

KPBD Inhu juga membuka posko siaga kerlahut yang dipusatkan di Kantor KPBD Inhu. Memang hingga Kamis (2/8) kemarin diketahui bahwa di Provinsi Riau, hanya Kabupaten Inhu yang masih terdapat titik api dan masih melakukan pemadaman.(R05/mc)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index