HEBOH...Seorang Guru SD Beri PR Aneh, Minta Murid-muridnya Menghitung 100 Juta Butir Beras

HEBOH...Seorang Guru SD Beri PR Aneh, Minta Murid-muridnya Menghitung 100 Juta Butir Beras
Ilustrasi

RIAUSKY.COM - Seorang guru sekolah dasar di Foshan, Guangdong, China, membuat heboh netizen dan masyarakat. Guru itu dinilai memberikan pekerjaan rumah yang tidak masuk akal pada murid-muridnya.

Guru bernama Su yang mengajar matematika memberikan PR bagi setiap murid kelas empat SD yaitu menghitung butir beras hingga mencapai jumlah 100 juta. Para siswa diberi waktu dua hari dan jika tidak selesai, harus terus menghitung sampai akhir pekan.

Dikutip dari Asia One, banyak netizen menduga guru itu sedang mengajarkan materi brainteaser (asah otak). Sebagian lainnya menyatakan butuh waktu lebih dari setahun untuk melakukannya.

Meski demikian, banyak yang menyatakan dukungan pemberian PR tersebut. Rupanya, mereka memahami ada maksud di balik PR itu.

Ternyata Ada Maksudnya
Seperti yang disampaikan salah satu wali murid bermarga Mo. Menurut dia, PR tersebut dapat membantu para murid untuk mengasah otak mereka.

"Saya akan meminta putri saya menghitung 100 sampai 1.000 butir beras lebih dulu, lalu menimbangnya dan melipatgandakan angka tersebut hingga mencapai 100 juta butir agar dia memiliki pemahamam intuitif mengenai angka 100 juta," ucap Mo.

Selain itu, kata Mo, PR ini juga membantu siswa untuk melatih kesabaran.

Sejumlah netizen juga mendukung adanya PR khusus. Ini agar anak-anak termotivasi untuk menemukan cara-cara baru dalam mengerjakan PR.

Dorong Kreativitas Berpikir
Awal pekan lalu, Su akhirnya mengungkapkan maksudnya memberikan PR aneh itu. Dia berharap para siswa bisa mendapatkan pengetahuan melalui kegiatan terapan daripada dengan cara menghafal.

"Saya akan mengajarkan angka 100 juta di kelas pekan depan dan saya berharap para murid memiliki pemahaman intuitif tentang angka 100 juta lewat tugas khusus," ucap Su.

Dia sebenarnya tidak berharap murid-muridnya menghitung satu per satu butir beras sampai mencapai angka 100 juta. Dia ingin murid-muridnya menghitung 100 butir dulu.

"Kemudian melipatgandakannya dengan angka 10 atau 100 hingga mencapai 100 juta," tutur Su.

Su mengaku senang ada 10 dari 40 siswanya mampu menyelesaikan PR itu menggunakan gelas ukur atau alat lain untuk menghitung beras.

"PR khusus ini membantu siswa mengembangkan kemampuan mereka untuk menganalisis dan memecahkan masalah," kata dia. (R01/Dream.co.id)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index