Bapenda Pekanbaru Optimis Capai Target PAD

Rabu,19 September 2018 | 16:17:00 WIB
Bapenda Pekanbaru Optimis Capai Target PAD
Ket Foto :

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Terhitung  mulai bulan Januari hingga pertengahan September 2018, realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) sektor Pajak Bumi Bangunan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru yang dikelola Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) mencapai lebih kurang Rp 42 miliar. 

Jika mengacu pada target yang ditetapkan sebesar Rp 120.153.729.308, capaian PBB jauh dari target.

"Ahamdulillah sampai hari ini sudah Rp 42 miliar (realisasi PBB,red). Kalau kita bandingkan dengan tanggal dan bulan yang sama di 2017 lalu, alhamdulillah ada peningkatan dari tahun sebelumnya. Ini dari target Rp120 miliar (di 2018,red)," ungkap Kepala Bapenda Zulhelmi Arifin  SSTP Msi melalui Kepala Bidang PBB dan BPHTB Bapenda Kota Pekanbaru, Adrizal, Rabu (19/9/2018).

Diakui Adrizal,  jauhnya capaian PAD PBB,disebabkan adanya beberapa kendala, seperti belum adanya penilai pajak yang bersertifikasi.

"Kendala tentu (ada,red). Satu yang belum tergarap itu kita akui ada bangunan-bangunan yang tinggi, tapi itu harus ada penilai pajak yang betul-betul bersertifikasi penilai pajak.

Untuk pajak buminya alhamdulillah berjalan. Untuk bangunan-bangunan yang luas, seperti living word, itu tentu harus ada penilai yang bersertifikasi.

Tapi itu melalui pihak ketiga, tentu kita menunggu lagi. Yang banyak sekarang ini yang sudah layak kita nilai, tapi ini  membutuhkan orang-orang yang bersertifikasi penilai, untuk menilai," ucap  Adrizal saat ditanya apa saja kendala yan dihadapi untuk mencapai target PBB.

Disinggung strategi apa yang akan dipakai untuk mengatasi semua kendala, agar capaian PBB sesuai dengan yang diharapkan, dijawab Kabid PBB, Adrizal.

"Strategi lain kita jemput bola. Sabtu-Minggu itu kita buka layanan mobil keliling. Mobil dua, itu sudah kita jadwalkan di kecamatan-kecamatan mana.

Kemudian mobil satu itu siap di telfon, ke Bidang PBB, Bapenda jemput bola. Kalau umpamanya di salah satu perumahan, mereka sibuk dan tidak sempat membayar, kalau mereka banyak disana, kita siap datang. Ini setelah pak lurahnya datang ke Bapenda dan koordinasi," jelas Adrizal  saat ditemui di Kantor Bapenda.

Ditambahkan Adrizal, pihaknya optimis akhir tahun mencapai target. "Saat ini,  kita gesa menjelang akhir tahun. Imbauan pada masyarakat se Kota Pekanbaru, maupun di luar Kota Pekanbaru, mari kita bayar pajak kita sebelum jatuh tempo tanggal 30 Desember. Sementara itu,  pembayaran dapat dilakukan melalui bank atau ATM. Di bawah Rp100 ribu, memberikan stimulus. Karena di bawah Rp 100 ribu tidak membayar (pajak,red)," sambung Adrizal.

Diketahui, di tahun 2017, Pemko Pekanbaru menargetkan PAD PBB sebesar Rp 104.212.342.806, sedangkan realisasi sebesar Rp 19.239.099.896 atau sebesar 18,46 persen. (R05/Kominfo)


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
Loading...
Tulis Komentar Index »
Loading...
IKLAN BARIS