Jadi Tuan Rumah Hakteknas, Gubri: Riau Bangga Punya 3 Science Techno Park

Jumat,17 Agustus 2018 | 18:04:33 WIB
Jadi Tuan Rumah Hakteknas, Gubri: Riau Bangga Punya 3 Science Techno Park
Ket Foto :

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Provinsi Riau telah mendapat kepercayaan untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-23. 

D mana Riau, khususnya Kota Pekanbaru menjadi kota kedua di luar Pulau Jawa setelah kota Makassar di Sulawesi Selatan yang dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggaran peringatan Hakteknas yang sudah dilaksanakan sejak tahun 1995 lalu.

Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman mengatakan, bahwa pemilihan Riau sebagai tuan rumah peringatan Hakteknas sangat tepat. Pasalnya, Provinsi Riau selama tiga tahun terakhir giat mengembangkan inovasi pada pangan lokal dan energi.

Yang mana pada bidang pangan, selain tetap meningkatkan produktivitas pangan strategi nasional, Riau juga mengembangkan pangan lokal untuk mendukung sektor pariwisata, seperti pengembangan industri hilir produk sagu.

"Kami telah mendeklarasikan Sagu Riau menyapa Dunia, Riau Provinsi Sagu. Saat ini produk berbasis sagu mulai berkembang dan mudah diperoleh, baik mie sagu, beras sagu, dan lain-lain," kata Gubri saat memberikan sambutan dalam acara puncak peringatan Hakteknas di Gubernuran, Jalan Diponegoro Pekanbaru, Jumat (10/8/2018).

Pada bidang energi, lanjut Gubri, selain Riau terkenal dengan daerah penghasil energi fosil, Riau juga telah mulai mengembangkan dan menggunakan energi baru terbarukan, terutama bioetanol yang diolah dari limbah tanaman sawit.

"Kedepan, diharapkan inovasi di bidang pangan dan energi akan berkembang pesat di Riau mengingat saat ini di Riau telah berdiri tiga Science Techno Park," ucapnya.

Adapun tiga Science Techno Park yang dimaksud Gubri tersebur, yakni Riau Science Techno Park dengan bidang fokus pangan seperti sagu, kelapa, nenas dan ikan yang terletak di Kabupaten Kampar, Teknopolitan Pelalawan dengan bidang fokus industri hilir kelapa sawit yang terletak di Kabupaten Pelalawan, Taman Teknologi Pertanian dengan bidang fokus penyediaan benih padi, hortikultura dan bibit ternak, yang terletak di Kabupaten Siak.

"Dengan keberadaan tiga Science Techno Park ini diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi perekonomian masyarakat," harapnya. (R07/Advertorial)


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
Loading...
#Advertorial Pemprov Riau Index »
Tulis Komentar Index »
Loading...
IKLAN BARIS