Gubri Resmikan Listrik 17 Desa di 5 Kabupaten di Riau

Gubri Resmikan Listrik 17 Desa di 5 Kabupaten di Riau

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman meresmikan penyalaan listrik di 17 Desa di Provinsi Riau, yang tersebar di 5 Kabupaten. 

Yakni 11 Desa berada di Kabupaten Indragiri Hilir, 3 Desa Kabupaten Rokan Hulu sisanya 1 Desa di Kabupaten Siak, Kampar dan Kepulauan Meranti di Desa Lubuk Jering Kecamatan Sungai Mandau Kabupaten Siak, Selasa (28/8/18).

Dalam mewujudkan listrik pada 17 Desa di Riau PLN mengelontorkan dana sebesar Rp44 miliar dari nilai investasi tersebut mendapatkan panjang jaringan tegangan menengah 101,82 KMS, Jaringan Rendah 63,35 KMS dan Gardu Distribusi 26 Unit dengan total daya 2,35 MVA.

Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mengapresiasi PLN atas peresmian penyalaan listrik di 17 Desa di Riau. Dia mengaku pembangunan infrastruktur jaringan listrik pada desa-desa di Provinsi Riau membutuhkan anggaran yang besar. Dengan semangat yang besar program listrik desa harus dituntaskan.

“Kita sangat mendukung upaya PLN dalam meningkatkan infrastruktur jaringan listrik untuk wilayah di Provinsi Riau. Oleh karenanya, kita optimis Program Riau terang tahun 2019 tercapai,” ujar Gubri.

Gubri mengharapkan kepada masyarakat untuk hemat dalam penggunaan listrik dengan peresmian listrik desa ini menjadi moment untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

General Manager PLN Wilayah Riau dan Kepulauan Riau M. Irwansyah Putra menjelaskan hingga Juli 2018 rasio elektifikasi Riau sudah mencapai 87 persen adapun rasio elektifikasi yang sudah mencapai 100% kota Pekanbaru, Dumai dan Kabupaten Kampar sedangkan rasio elektifikasi masih dibawah 60% adalah Kabupaten Pelalawan 59,925 dan Indragiri Hilir 54,2%.

“Hampir semua sisa desa yang belum teraliri listrik terkendala pada pengiriman peralatan listrik karena harus melalui sungai, bahkan untuk sampai ke jalan desa, petugas harus gotong –royong dengan masyarakat untuk memikul tiang-tiang listrik,“ ujar Irwansyah.

Peresmian listrik Desa dengan tajuk Kerja Bersama Terangi Negeri, dihadiri Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, direktur PLN Wilayah Riau dan Kepulauan Riau M. Irwansyah dan Bupati Siak Syamsuar.

Selain itu diserahkan bantuan 100 paket sembako dengan jumlah Rp. 15 juta dan 5 mesin jahit untuk warga Desa Lubuk Jering. (R07/Advertorial)

Listrik Indonesia

#Advertorial Pemprov Riau

Index

Berita Lainnya

Index