Operasi Mantap Brata Muara Takus 2018 Dimulai

Kamis,20 September 2018 | 01:31:11 WIB
Operasi Mantap Brata Muara Takus 2018 Dimulai
Ket Foto :

RENGAT (RIAUSKY.COM) - Kepolisian Resort (Polres) Indragiri Hulu menggelar operasi mantap Brata Muara Takus 2018. Gelar pasukan ini dalam rangka operasi kepolisian terpusat Mantap Brata menjelang Pemilu 2019. 

Peserta gelar pasukan terdiri dari prajurit Polri dan TNI dan Satuan Polisi Pamong Praja yang disaksikan Penggurus Partai Politik di Inhu.

"Kita melaksanakan apel gelar pasukan operasi kepolisian terpusat dengan nama sandi 'Mura Takus 2018', yang mengamankan penyelenggaraan Pemilu tahun 2019, yang sudah dimulai dengan memasuki tahapan-tahapan penting," kata Waka Polres Indragiri Hulu Kompol Roni Syahendra mewakili Kapolres Inhu AKBP Dasmin Ginting.

Roni menerangkan kondisi kerawanan saat masa pemilu bisa terjadi di tingkat nasional ataupun daerah. Sementara di tingkat nasional kerawanan terjadi karena agenda pemilihan presiden (pilpres), di tingkat daerah kerawanan terjadi karena pemilihan anggota legislatif (pileg).

"Kerawanannya bisa terjadi di tingkat nasional, bahkan tingkat daerah, khususnya di daerah masing-masing, di mana anggota legislatif bertarung, berkompetisi dengan anggota calon anggota legislatif lainnya," terangnya.

Roni menjelaskan undang-undang yang mengamanatkan sistem electoral threshold akan memacu tiap parpol berupaya maksimal memenangkan para calon anggota legislatifnya.

"Apalagi dengan adanya electoral threshold yang diamanatkan undang-undang, bahwa partai yang tidak bisa mencapai jumlah anggota legislatif DPR RI 4%, partainya akan dibubarkan (tidak masuk DPR, red)," jelasnya.

"Oleh karena itu, akan memacu dan memicu partai-partai untuk bekerja maksimal semua mungkin akan all-out untuk menembus 4% jumlah anggota legislatif yang ada di Senayan," ujarnya. 

Ditambahkannya kondisi kerawanan pemilu perlu diwaspadai. Karena itu, Operasi Mantap Brata Muara Takus 2018 ini akan diselenggarakan selama 397 hari mendatang.

Usai upacara, langsung digelar rapat Koordinasi Lintas Sektoral Ops Mantap Brata Muara Takus 2018 dalam Rangka Kesiapan Pengamanan Pemilu 2019 yang dilaksanakan di ruang Adhi Pradana Mapolres Inhu.

Giat dipimpin Oleh Kapolres Inhu AKBP Dasmin Ginting S.IK yang diwakili Wakapolres Inhu Kompol Rony Syahendra, S.IK dan dihadiri Asisten I Asriyan, M. M, Kabag Ops Polres Inhu Kompol Ahmad Salmi, Pjs. Kasdim 0302 Inhu Kapten Inf. S. Nababan, Ketua KPU Inhu M. Amin, SE, M.Si, Kasat Pol PP Inhu Bobi Rachmat, M.Si, Ketua Senkom Inhu H. Umar serta para Kasat Fungsi, para Kapolsek jajaran Polres Inhu. (R18/Mcr)


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
Loading...
Tulis Komentar Index »
Loading...
IKLAN BARIS