Wabup Said Hasyim Lantik 7 Penjabat Kepala Desa di Meranti

Wabup Said Hasyim Lantik 7 Penjabat Kepala Desa di Meranti

SELATPANJANG (RIAUSKY.COM) - Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Said Hasyim, melakukan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan 7 Penjabat (Pj) Kepala Desa (Kades) di Kepulauan Meranti. 

Pelantikan dilakukan di Gedung Orange Kantor Bupati Kepulauan Meranti, Rabu pagi 19 September 2018.

Turut hadir Asisten I Setdakab Meranti, Jonizar, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Ikhwani, para pejabat eselon di lingkungan Pemkab Kepulauan Meranti, Istri Kades yang dilantik, Tokoh Masyarakat dan unsur lainnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kepulauan Meranti, Ikhwani menjelaskan, pelantikan itu sesuai Surat Keputusan (SK) Bupati Kepulauan Meranti. Pj Kades yang dilantik akan memangku jabatan paling lama 1 tahun atau hingga ditetapkannya Kepala Desa Defenitif di desa masing-masing.

Menyikapi pelantikan itu, Wakil Bupati Kepulauan Meranti mengucapkan selamat kepada PNS yang dipilih dan ditugaskan oleh Kepala Daerah sebagai Pj Kades. Menurutnya Pj Kades memiliki tugas utama yang cukup berat, sama halnya Kades defenitif.

Jabatan Kades ditegaskan Wakil Bupati adalah jabatan Pamong, sebagai Pamong yang menyandang tugas berat mesti bekerja dengan sungguh-sungguh dan profesional. Kades harus berada ditempat 24 jam, sehingga dapat menuntaskan segala permasalahan yang terjadi di desanya.

"Tugas utama Pj Kades adalah mempersiapkan pemilihan Kepala Desa Defenitif, Menjalankan Pemerintahan Desa sebagaimana yang diamanahkan oleh masyarakat dan Perundang-Undangan, Membina masyarakat menjadi sejahtera bersama seluruh komponen yang ada, Menjaga Keamanan dan Ketertiban masyarakat, termasuk mengantisipasi gejolak dan Kebakaran Hutan dan Lahan," ujar Wakil Bupati.

Tugas lain yang tak kalah penting adalah mengawal sukseskan Pilpres dan Pileg 2019 diwilayahnya, dengan memastikan masyarakat dapat melaksanakan hak pilih. Dan yang cukup unik adalah memastikan dapur masyarakat bisa berasap setiap hari.

Kades harus mengetahui semua data dan permasalahan yang terjadi diwilayahnya, seperti jumlah penduduk, infrastruktur, jumlah sekolah, rumah ibadah, masyarakat miskin, jumlah ibu melahirkan, jumlah balita, kondisi kesehatan masyarakat dan lainnya.

"Laksanakan tugas dengan baik dengan melayani masyarakat. Sampai dapur masyarakat berasap (ada yang dimasak) pun Kades wajib tahu," ucap Wakil Bupati.

Untuk itu, Wabup meminta Kades dapat bekerja sama dengan semua komponen yang ada, BPD, LPMD, PKK, Kepala Dusun, para Ketua RT dan RW, Tokoh Masyarakat, Pemuda, Sekolah dan lainnya, tanpa itu tugas berat yang dihadapi akan sulit diselesaikan.

Dan bukti keberhasilan seorang Pamong dalam menjalankan roda pemerintahan, kata Wakil Bupati cukup sederhana, salah satunya jika dipindahkan, masyarakat setempat akan merasa kehilangan dan sedih, itulah menurut Wabup tugas Pamong yang sesungguhnya.

Terakhir Wakil Bupati mewanti-wanti para Pj Kades untuk mengelola dana desa dengan efektif, efisien dan dapat dipertanggung jawabkan. Karena sesuai instruksi Presiden RI, pengawalan penggunaan dana itu sangat ketat, bukan saja oleh aparat keamanan tapi juga oleh lembaga sosial masyarakat dan pihak lainnya.

"Saya ingatkan, hati-hati dalam menggunakan dana desa, karena jika tidak akan berhadapan dengan hukum, dan resiko tanggung sendiri," pungkas Wabup Said Hasyim.

Adapun para Penjabat Kepala Desa yang dilantik adalah Pj Kepala Desa Telesung Kecamatan Rangsang Pesisir, Syaherullah, S.Ip. Pj Kepala Desa Kuala Merbau Kecamatan Pulau Merbau, Atan Ibrahim. Pj Kepala Desa Teluk Samak Kecamatan Rangsang, Abdul Gani.

Kemudian Pj Kepala Desa Anak Setatah Kecamatan Rangsang Barat, Abu Hasan. Pj Kepala Desa Nipah Sendanu Kecamatan Tebing Tinggi Timur, Saripuddin. Pj Kepala Desa Pelantai Kecamatan Merbau, Amuniruddin dan Pj Kepala Desa Kundur Kecamatan Tebing Tinggi Barat, Miswanto. (R16/Mcr)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index