Sandiaga Janji Akan Jadi Salah Satu Pembeli Pertama Mobil Esemka

Sandiaga Janji Akan Jadi Salah Satu Pembeli Pertama Mobil Esemka
Sandiaga Uno

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Cawapres Sandiaga Uno mendukung rencana pemerintah memproduksi mobil Esemka menjadi mobil nasional. 

Sandiaga bahkan sudah ancang-ancang  akan menjadi pembeli pertama mobil Esemka.

"Saya melihat, kalau bicara mengenai mobil nasional, selalu romantis. Keinginan punya mobil nasional dan setiap negara punya kebanggaan, punya mobil nasional. Kalau mobil Esemka itu keluar, saya adalah salah satu yang jadi pembeli pertama," kata Sandiaga dalam dalam diskusi tentang impor di media center Prabowo-Sandiaga, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (7/11/2018).

Menurut Sandiaga, mendukung hasil produksi dalam negeri merupakan bentuk keberpihakan. Mantan Wagub DKI itu ingin Indonesia memiliki industri yang memiliki nilai tambah yang besar.

"Buat saya, ini adalah bentuk keberpihakan. Tapi jangan dipolitisasi nih, ini suatu kebanggaan. Yang menjadi prioritas sekarang adalah membangun industri yang memiliki nilai tambah yang besar," ujar Sandiaga.

Esemka, yang digadang-gadang akan menjadi mobil nasional, dikabarkan sudah mulai diproduksi di pabriknya di Boyolali. Pabrik PT Solo Manufaktur Kreasi, yang berada di Desa Demangan, Kecamatan Sambi, disebut-sebut untuk perakitan mobil Esemka.

Dari data yang diungkap Kementerian Perindustrian, mobil Esemka punya pilihan mesin berkapasitas 1.000 cc. Di antaranya adalah pikap Bima dan mobil penumpang 1.000 cc. Jika dilihat spesifikasi kapasitas mesinnya, tentu setara dengan mobil-mobil kategori low cost green car (LCGC).(R03)
 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index