BARU LAGI NIH...Presiden Joko Widodo Bilang Politik Gendoruwo, Siapa yang Dia Maksud?

BARU LAGI NIH...Presiden Joko Widodo Bilang Politik Gendoruwo, Siapa yang Dia Maksud?
Presiden RI Joko Widodo.

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Joko Widodo (Jokowi) kembali mengeluarkan kosa kata baru  yang tak lazim diucapkan politisi maupun pejabat negara.

Dia menyindir cara berpolitik propaganda dan menakut-nakuti dan menimbulkan keragu-raguan dengan istilah Politik Gendoruwo. Entah siapa yang dimaksud dan disindir oleh Presiden Republik Indonesia ini. 

"Tadi kan saya sampaikan politikus genderuwo itu cara-cara berpolitik dengan propaganda menakut-nakuti, menimbulkan kekhawatiran, menimbulkan ketidakpastian, terakhir menjadi keragu-raguan masyarakat," kata Jokowi di lokasi peresmian Tol Pejagan-Pemalang, Jawa Tengah, Jumat (9/11/2018).

Dia pun mengatakan, politik semacam itu harus segera dihentikan. "Ini cara-cara berpolitik yang tidak beretika seperti ini jangan diterus-teruskan. Setop, setop!" katanya seperti dilansir dari detikcom.

Jokowi berharap, perpolitikan di Indonesia dipenuhi dengan kegembiraan. Dia juga mengatakan, pesta demokrasi di Indonesia juga mestinya penuh dengan kegembiraan, dan kesenangan.

"Masyarakat dengan kematangan politiknya memberikan suara dengan memilih jernih dan rasional. Kita harus mengarahkan kematangan dan kedewasaan berpolitik dengan cara-cara seperti itu," katanya.

Untuk itulah, lanjut Jokowi, dirinya sering menyampaikan agar masyarakat berhijrah dari hal yang buruk menuju kebaikan.

"Sering saya sampaikan, hijrah dari ujaran kebencian kepada ujaran kebenaran, hijrah dari pesimisme kepada optimisme, hijrah dari kegaduhan ke kerukunan dan persatuan," katanya.

Terkait dengan siapa yang memainkan politik genderuwo itu, Jokowi menyerahkan penilaiannya kepada publik.

"Saya sampaikan, itu politikus genderuwo ya dicari saja politikusnya," katanya.(R03)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index