Ricuh Sesama Penghuni, Alarm Lapas Sialang Bungkuk Sempat Menyalak, Polisi Bilang Hanya Salah Paham Sesama Warga Binaan

Ricuh Sesama Penghuni, Alarm Lapas Sialang Bungkuk Sempat Menyalak, Polisi Bilang Hanya Salah Paham Sesama Warga Binaan
Suasana di dalam Lapas.

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Alarm di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas)Sialang Bungkuk, Tenayan Raya, Pekanbaru berbunyi Ahad (9/12/2018) petang.

Berbunyinya alarm tersebut dilaporkan terjadi setelah sempat terjadi kericuhan di dalam Lapas yang disebabkan ribuat antar sesama penghuni.

Situasi tersebut terjadi sekitar pukul 16.00 WIB. Namun, suasana itu tidak berlangsung lama dan tidak menimbulkan kericuhan karena berhasil segera dikualai oleh petugas. 

Kondisi tersebut dibenarkan Kakanwil Kumham Provinsi Riau, Muhammad Diah kepada wartawan, Ahad malam tadi.

''Benar, ada kericuhan, tapi tidak sampai menimbulkan keributan berarti. Kondisinya sudah berhasil dikendalikan petugas. Hanya sesama warga binaan saja, tapi tidak sampai bentrok,'' ungkap Muhammad Diah.

Diah tidak merinci apa penyebab keributan tersebut. ''Yang pasti sekarang sudah kondusif ya,'' kata dia.

Sempat beradar informasi kalau alarm berbunyi karena ada napi yang melarikan diri. Namun, hal tersebut dibantah oleh otoritas setempat. 

Itu juga dibenarkan Kabid Humas Polda Riau, Kombes Sunarto. ''Cuma masalah salah paham sesama warga di dalam Lapas saja,'' ungkap dia.

Dia juga membantah ada napi yang melarikan diri dalam peristiwa itu. ''Ah, itu ndak benar, siapa bilang, hoax itu, cuma masalah selisih paham saja di dalam,'' imbuh dia.

Lapas Sialang Mungkuk sendiri sempat ribuh tahun lalu, dimana ada ratusan napi berhasil membobol keamanan Lapas dan berhasil melarikan diri. 

Beberapa napi kelas kakap juga dilaporkan sempat melarikan diri, walau kemudian sebagian besar diantaranya sudah berhasil ditangkap kembali atau menyerahakn diri pada petugas. 

Suasana itu sempat membuat warga khawatir. Karena itulah, warga di sekitar Lapas Sialang Bungkuk sempat ramai petang tadi. Mereka sempat mendengar suara alarm kuat yang membuat suasana di sekitar Lapas itu heboh. (R05)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index