PDIP: Kalau Sudah Kampanye, Ma'ruf Amin Bukan Lagi Sebagai Kiai Tapi Ekonom

PDIP: Kalau Sudah Kampanye, Ma'ruf Amin Bukan Lagi Sebagai Kiai Tapi Ekonom
Maruf Amin

RIAUSKY.COM - Cawapres Joko Widodo, KH. Ma'ruf Amin dianggap belum banyak berkampanye sehingga elektabilitas petahan masih stagnan.

Sejauh ini, peran Ma'ruf masih banyak membangun secara kultural dalam basis keagamaan dan belum banyak bicara program.

"Kalau Pak Ma'ruf sudah keluar, atau turun kampanye, beliau bukan lagi sebagai kiai tapi sebagai ekonom," ujar politisi PDIP sekaligus anggota TKN Budiman Sudjatmiko sebagaimana diwartakan Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (11/12).

Hal itu didasarkan dari latar belakang pengetahuan Ma'ruf yang merupakan pakar ekonomi syariah. Sehingga nanti program-program yang disampaikannya lebih banyak bersentuhan dengan pembangunan ekonomi syariah.

Sambung Budiman, strategi itu memang dirancang untuk memperkuat program-program Jokowi yang sudah berhasil saat ini dalam membangun ekonomi mikro.

"Sedangkan Pak Ma'ruf nanti lebih banyak di program makro hingga bagaimana membangun ekonomi pedesaan dan pesantren, karena beliau memang pakarnya di situ," pungkasnya.

Kubu PDI Perjuangan, parpol pengusung Joko Widodo-Ma'ruf Amin juga mengamini cawapres nomor urut 01 itu belum turun kampanye seperti disampaikan Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf, Erick Thohir. 

Ma'ruf masih sebatas silaturahmi. Permintaan ketua Majelis Ulama Indonesia nonaktif itu turun kampanye juga dilontarkan Menteri Koordinator Maritim dan Sumber Daya, Luhut Binsar Panjaitan.  

"Beliau memang memiliki basis-basis kultural. Memang strateginya beliau untuk membangun silaturahmi dengan para kiai dan santri dulu memperkuat emosional,” kata politisi PDIP, Budiman Sudjatmiko.

Setelah terbangun emosional, lanjut Budiman, baru secara rasional memaparkan program. 

Eks pentolan PRD itu memastikan, mulai Januari hingga April 2019 nanti, Ma’ruf akan all out berkampanye terlebih dalam memaparkan program-program unggulan pasangan capres-cawapres nomor urut 01.

"InsyaAllah Januari nanti Pak Ma’ruf banyak bicara program. Karena dalam kampanye itu memaparkan program," tandasnya. (R02)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index