Berbagi 1-1, Tottenham Hotspur Dampingi Barcelona di 16 Besar Champions

Berbagi 1-1, Tottenham Hotspur Dampingi Barcelona di 16 Besar Champions
Gol Lucas Moura menyamakan kedudukan dan memastikan Tottenham Hotspur lolos 16 besar liha Champions.

CAMP NOU (RIAUSKY.COM)- Tottenham Hotspur memastikan diri melaju ke babak 16 besar Liga Champions. 

Tottenham menjadi pendamping Barcelona  untuk memasuki babak 16 besar setelah berhasil bermain imbang 1-1 pada laga grup dinihari tadi.

Meski sempat tertinggal 1-0 setelah gol yang diciptakan Dembele pada babak pertama, Tottenham berhasil menyamakan kedudukan 5 menit menjelang akhir pertandingan.

Bertanding di hadapan publik Camp Nou, Rabu (12/12/2018) dinihari WIB tadi, Tottenham memang cukup kesulitan menghadapi Barcelona.

Meski tak menurunkan tim intinya. Blaugrana masih mampu memimpin pertandingan lewat serangan-0serangan berbahaya yang dibangun Dembele dan Philipe Coutinho.

Kerja sama apik tersebut setidaknya terbukti lewat gol  Ousmane Dembele untuk memimpin 1-0 sampai paruh pertandingan.

Barcelona hampir dua kali mencetak gol tambahan lewat Philippe Coutinho. Namun, dua kali upaya Coutinho hanya membentur tiang gawang Tottenham.

Sementara itu, Tottenham banyak membuang peluang. Sampai akhirnya, pemain pengganti Lucas Moura muncul sebagai penyelamat untuk menciptakan gol penyama di menit-menit akhir.

Dengan hasil ini, Tottenham finis runner-up di klasemen akhir Grup B dengan perolehan 8 poin. Spurs berhak mendampingi Barcelona, sekaligus menyingkirkan Inter Milan meski meraih angka yang sama usai bermain seri 1-1 dengan PSV Eindhoven. Mengingat, Tottenham unggul produktivitas gol tandang dalam head to head dengan Inter.

Jalannya Pertandingan

Tottenham berusaha menekan Barcelona untuk mencegah tim tuan rumah mengontrol permainan. Namun, serangan balik Barca menghukum Tottenham.

Di menit ketujuh, Barca membuka keunggulan lewat Ousmane Dembele. Setelah menerima bola di daerah pertahanan sendiri, Dembele dengan mudah melewati Danny Rose sebelum berakselerasi ke arah gawang. Di kotak penalti, Dembele mengecoh Harry Winks, lalu melakukan penyelesaian dengan tembakan kaki kanan untuk mengubah skor menjadi 1-0.

Sementara itu, Spurs kesulitan membongkar pertahanan Barcelona. Barulah di menit ke-30, Spurs mampu menciptakan peluang. Operan Eriksen kepada Rose yang diteruskan dengan umpan mendatar ke kotak enam yard namun gagal dijangkau Son.

Pelanggaran Thomas Vermaelen terhadap Eriksen menghasilkan tendangan bebas bagi Spurs di sisi kanan luar kotak penalti. Namun, eksekusi Harry Kane tidak menghasilkan apapun. 

Di menit ke-32, Spurs membuang peluang terbaiknya. Menerima sodoran Eriksen, Son mampu melewati Vermaelen namun sepakannya terlalu terburu-buru sehingga bisa diantisipasi Jasper Cillessen. 

Tottenham terus menekan Barcelona. Enam menit kemudian, operan Rose kepada Son diteruskan dengan sepakan kaki kiri dari dalam kotak penalti tapi belum menguji Cillessen.

Dua menit terakhir babak pertama, Barca nyaris memperbesar skornya. Dalam kawalan Winks dan Toby Alderweireld, Philippe Coutinho melepaskan sepakan melengkung kaki kanan yang menghantam tiang gawang.

Peluang pertama Spurs di babak kedua tercipta di menit ke-49. Eriksen meneruskan operan Kane dengan tembakan keras yang memaksa Cillessen melakukan penyelamatan. 

Barcelona mesti dua kali menghentikan serangan Spurs dari Lucas Moura. Sundulan Moura ditepis Cillessen di tepi garis gawang. Bola pantul kembali dicecar Moura untuk diteruskan dengan tembakan melengkun yang lagi-lagi bisa dihalau.

Tottenham selamat. Sepakan Coutinho untuk kedua kalinya mengenai tiang gawang di menit ke-85.

Serangan balik Tottenham akhirnya membuahkan hasil. Lucas Moura mencetak gol balasan Tottenham untuk menyamakan skor 1-1. Dari kerjasama Erik Lamela dan Kane, bola diselesaikan Lucas Moura dengan tendangan first-time dari jarak dekat.

Semenit sebelum waktu normal habis, Tottenham membuang peluang emas yang berpotensi memenangi pertandingan. Operan pendek Kane diterima Rose. Saat tinggal menghadapi Cillessen, sepakan Rose malah melambung.(R04)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index