Akhiri Revolusi Mental Jokowi, Amien Rais Terbitkan 'Revolusi Moral'

Akhiri Revolusi Mental Jokowi, Amien Rais Terbitkan 'Revolusi Moral'
Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais meluncurkan buku yang berjudul 'Hijrah: Selamat Tinggal Revolusi Mental, Selamat Datang Revolusi Moral' di Jalan Daksa, Jakarta Selatan, Jumat (11/1). (igman/JawaPos.com)

RIAUSKY.COM - Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais meluncurkan buku yang berjudul 'Hijrah: Selamat Tinggal Revolusi Mental, Selamat Datang Revolusi Moral' di Jalan Daksa, Jakarta Selatan, Jumat (11/1).

Buku setebal 76 halaman ini ditulis berisi kritik Amien Rais terhadap revolusi mental yang digaungkan oleh Jokowi yang sebelumnya sangat apresiasi soal ide revolusi mental yang didorong oleh Jokowi. Akan tetapi, kata dia, belakangan ini penilaianya ternyata salah.

"Ide yang berasal dari presiden pertama Indonesia Soekarno itu tidak jelas arahnya setelah digaungkan oleh Jokowi," papar Amien.

Amien menuturkan, sewaktu masih mahasiswa tingkat awal, ia menyuruh untuk melakukan revolusi mental. Namun, revolusi mental Pak Jokowi itu memang tidak jelas.

"Tidak ada dokumen otentik mengenai, apa sih maksudnya? Pak Jokowi nggak punya otentik, kemudian tidak ada dokumen otoritatif dari pemerintah, cuman memang ada breakdownnya itu. Tapi, yang terjadi justru jauh dari konsepsi mental sebenarnya," papar Amien.

"Yang ada malah mental pecundang, orang malas itu mental pengemis, kalau orang yang sukses itu mental saudagar, mental pengusaha. Kemudian kalau ada followship mentality, mental pelanga pelongo mental pengikut," tuturnya seperti dilansir Jawapos.com.

Atas dasar itu, Amien menyebutkan, revolusi moral dibentuk untuk mengakhiri revolusi mental yang dicanangkan era Jokowi. Menurutnya, moral lebih memiliki arti mendalam daripada mental. 

Lebih lanjut, Amien menuturkan, persoalan moral ini lah yang dinilainya belum banyak disentuh oleh pemerintahan Jokowi. Dia menilai, rezim saat ini belum punya arah untuk membentuk moral bangsa.

"Saya mohon maaf, setelah empat tahun mengikuti rezim Jokowi itu memang tidak punya kompas moral, tidak ada moral guidence. Jadi, enteng kalau orang tidak punya kompas moral itu berjanji sebanyak mungkin, itu tak apa-apa. Kemudian bohong pun tak apa-apakarena enggak punya kompas moral, kemudian jadi permissive," ucapnya. (R02)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index