Antisipasi Kemarau, Riau akan Impor Beras

Antisipasi Kemarau, Riau akan Impor Beras
beras bulog (internet)
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Kemarau panjang diprediksi kembali akan mterjadi di Riau akhir Ja nuari 2016 mendatang.  Untuk itu Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Riau mulai siaga untuk antisipasi kekeringan. Bahkan Riau berencana akan kembali mengimpor beras untuk ketahanan pangan.
 
"Sesuai prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika kemarau panjang akan terjadi di Riau, tentunya kita harus memikirkan ketahanan pangan kita," papar Kepala Disperindag Riau, Muhammad Firdaus, kepada Selasa (29/12/2015) di Pekanbaru.
 
Namun Firdaus mengaku, berapa banyak beras yang akan di impor belum bisa diperkirakan. Hal ini disebabkan karena impor akan dilakukan sesuai kondisi iklim dan kesediaan pangan yang ada di Riau. Saat kemarau panjang, Firdaus mengkhawatirkan banyak sawah yang kering dan akan berimbas pula pada perkebunan yang merupakan sektor pangan.
 
"Rencana impor pasti ada untuk jaga-jaga disaat musim kekeringan. Jumlahnya tergantung kebutuhan kita dan seberapa buruk dampak Elnino untuk wilayah Riau," jelasnya.
 
Sementara itu, hingga akhir tahun 2015 ini, ujar Firdaus, ketersediaan pangan dan sembako di Riau masih mencukupi dan tidak ada masalah, baik itu meliputi stok dan harga.
 
"Stok sembako aman, harga juga stabil. Insya Allah tidak ada masalah menjelang pergantian tahun 2016 ini," tutup Firdaus. (R03)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index