BERAT...Ahok Harus Lulus 'Tes' Ini untuk Bisa Menikahi Bripda Puput Nastiti Devi

Selasa,22 Januari 2019 | 17:10:53 WIB
BERAT...Ahok Harus Lulus 'Tes' Ini untuk Bisa Menikahi Bripda Puput Nastiti Devi
Ket Foto :

RIAUSKY.COM - Kabar rencana pernikahan Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (BTP) dengan seorang polisi wanita (Polwan), Puput Nastiti Devi menyita perhatian. Kabar ini menguat sejalan dengan berakhirnya masa hukuman penjara BTP. 

Polri turut memberikan tanggapan atas kabar pernikahan tersebut. Ini mengingat calon mempelai wanita diketahui adalah anggota kepolisian berpangkat Bripda.

Kadiv Humas Polri, Irjen Mohammad Iqbal, menjelaskan pernikahan seorang anggota Polri tidak bisa dijalankan seperti warga negara biasa. Terdapat prosedur yang harus dilalui seorang polisi jika ingin menikah seperti diatur dalam Peraturan Korps Bhayangkara.

Salah satunya, kewajiban melapor kepada satuan kerja masing-masing. Laporan diajukan minimal satu bulan sebelum tanggal pernikahan.

Iqbal kemudian mengatakan Polri hingga saat ini belum menerima laporan permohonan izin menikah dari Bripda Puput.

"Polri belum menerima secara resmi (izin nikah). Ini baru kabar di media," ujar Iqbal, dikutip dari Pojoksatu.

Permohonan izin menikah itu, kata Iqbal, sifatnya wajib. Ini untuk mengantisipasi adanya hal-hal yang tidak diinginkan.

"Harus mengajukan surat permohonan menikah, tujuannya jangan sampai ada hal-hal yang di kemudian hari merugikan institusi," kata dia.

Setelah permohonan izin nikah diajukan, kata Iqbal, seorang anggota harus menjalani sidang nikah. Waktu yang diperlukan cukup satu hari.

Selanjutnya, dia menerangkan permohonan izin menikah tidak selalu dikabulkan. Bisa saja ditolak dengan pertimbangan tertentu.

"Nanti nikah, tidak tahunya calon suaminya beristri. Makanya perlu pengecekan atau jika orangtua komplain, enggak bisa. Maka kita harus dalami itu," kata dia. (R01)


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
Loading...
Tulis Komentar Index »
Loading...
IKLAN BARIS