Alokasikan Rp5-10 Miliar

2016, JCH Pekanbaru Bebas Bea Embarkasi

2016, JCH Pekanbaru Bebas Bea Embarkasi
Jamaah calon haji sebelum berangkat. Foto internet

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Biaya perjalana haji bagi Jamaah Calon Haji (JCH) Pekanbaru diperkirakan akan lebih murah di tahun-tahun yang akan datang. Pemko Pekanbaru berencana menanggung semua beban pembiayaan selama jamaah berada di embarkasi haji.

Hal tersebut disampaikan Ketua Komisi III DPRD Pekanbaru, Nofrizal saat ditemui wartawan di Gedung DPRD Pekanbaru jalan Sudirman Pekanbaru, Rabu (26/8/2015).

Untuk mendukung kebijakan tersebut, sebut Nofrizal, Pemko Pekanbaru melalui Wali Kota Pekanbaru, dijelaskan Nofrizal, sudah mengajukan Peraturan Daerah tentang Keberangkatan Haji Daerah bagi warga kota Pekanbaru yang hendak berangkat ke tanah suci Makkah.

''Kalau melihat usulannya, semua biaya selama di embarkasi akan ditanggung Pemko melalui ABPD. Tapi itu masih usulan, akan ada pembahasan terlebih dahulu. Mudah-mudahan bisa segera terealisasi,'' ungkap Nofrizal yang menyambut baik usulan tersebut.

Selama ini, sebut Nofrizal, misalnya, untuk biaya biaya transportasi ditanggung oleh masing-masing jamaah. Ke depan, diupayakan  bisa ditanggung pemerintah, sehingga bisa mengurangi beban jamaah yang akan berangkat menunaikan ibadah haji.

Untuk pembahasan Perda ini, Novrizal menyebutkan DPRD sudah melakukan koordinasi dengan Pemko dan Kantor Kementerian Agama Kota Pekanbaru. Mengenai besaran biaya yang dibebankan selama ini, Nofrizal mengaku belum bisa menjelaskan.

Namun begitu, dari perkiraan, jumlah alokasi anggaran yang akan disediakan Pemko pekanbaru untuk para Jamaah Calon Haji selama menuju embarkasi berkisar Rp5-10 miliar. ''Doakan saja, mudah-mudahan ini bisa sejalan dengan kemampuan anggaran daerah,'' ungkap politisi PAN itu.(R03)
 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index