Sandiaga Uno-Ridwan Kamil Makin Mesra, Benarkah Ada 'Perselingkuhan' Politik Terkait Pilpres?

Sandiaga Uno-Ridwan Kamil Makin Mesra, Benarkah Ada 'Perselingkuhan' Politik Terkait Pilpres?
Sandiaga Uno dan Ridwan Kamil.

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Calon wakil Presiden Sandiaga Uno dan Gubernur Jawa Barat beberapa  kali terlihat punya chemistry dan kedekatan dalam beberapa waktu belakangan.

Sikap keduanya dikaitkan dengan sikap politik Ridwan Kamil atau biasa disapa Kang Emil yang bermain aman di dua kaki.

Namun, Direktur Kampanye TKD Jokowi-Ma'ruf Amin Jawa Barat, Budi Hermansyah menganggap pertemuan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan calon wakil presiden (Cawapres) 02 Sandiaga Uno dalam masa kampanye bukan sebagai manuver 'dua kaki'.

Seperti diketahui, Ridwan Kamil dan Sandiaga Uno terlihat santai bermain catur di Cafe Yumaju Bandung di sela agenda kampanye pada Rabu, 23 Januari 2019.

"Itu hal biasa, bukan sesuatu yang harus kita komentarin serius apalagi Ridwan Kamil sebagai Gubernur Jawa Barat terus ada Sandiaga Uno yang Cawapres ya ketemu dalam konteks silaturahim, terus maen catur ya itu biasa enggak usah dimaknai secara berlebihan," kata Budi di Bandung Jawa Barat, Sabtu 26 Januari 2019.

Menurutnya, pertemuan tersebut tidak mengganggu tugas Ridwan Kamil sebagai dewan pengarah di tim kemenangan daerah untuk mensukseskan pemenangan Jokowi di Jawa Barat.

"Itu tidak bernilai apa-apa. Kalau dimaknai itu bentuk dukungan, sekarang orang pada tahu Ridwan Kamil dukung Jokowi. Mungkin ada bacaan yang melihat sebagai strategi politik beliau (main dua kaki), tapi saya yakin tidak sejauh itu," tegasnya.

Sejauh ini, lanjut Budi, seperti dilansir media ini dari viva.co.id,  kinerja struktur tim pemenangan berjalan sesuai dengan struktur, terlebih para kepala daerah yang diusung partai pengusung Jokowi-Maruf.

"Saya percaya dengan moralitas politik beliau yang sudah menyatakan dan berkomitmen untuk memenangkan Jokowi- Ma'ruf," ujar Budi.

"Toh diimplementasinya tidak ada yang dilakukan Ridwan Kamil dalam melakukan kampanye buat Prabowo Sandiaga Uno. Kalau Deddy Mizwar kan jelas, strike, dia menyatakan dan di tingkat implementasi melakukan kampanye, penggalangan ke jaringan-jaringan beliau waktu di Pilgub kemarin," imbuhnya.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan calon Wakil Presiden nomor urut 02, Sandiaga Salahudin Uno, terlihat santai bermain catur di Cafe Yumaju Bandung, Rabu 23 Januari 2019.

Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, melalui akun Facebooknya menuturkan, meski perbedaan dalam pilihan politik pada pesta demokrasi pemilihan presiden 2019, persahabatan harus tetap terjaga.

"Walau berbeda, tapi kami tidak pernah menghilangkan persahabatan. Semoga para followers kami juga mengikuti, jika berbeda tetaplah saling menjaga silaturahim. Bermain catur di kafe Yumaju di Bandung bersama Kang Sandiaga Salahuddin Uno yang sedang melewati Bandung. Hasilnya Remis. #DemokrasiPositif," ujar Emil.(R04)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index