Ini Nama 10 Komisioner KPU Riau untuk Lima Tahun ke Depan

Ini Nama 10 Komisioner KPU Riau untuk Lima Tahun ke Depan
Ilustrasi logo KPU

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI  mengumumkan hasil seleksi calon anggota Komisioner KPU di tingkat provinsi  periode 2019-2024, termasuk KPU Provinsi Riau. 

Sekretaris KPU Provinsi Riau, Drs Rudinal M Si membenarkan adanya surat keputusan tersebut. 

"Sudah, kita sudah menerima surat keputusan dari KPU RI tentang penetapan calon anggota KPU Riau, " kata Rudinal kepada wartawan, Jumat (1/2/2019). 

Dalam surat keputusan KPU RI No 285/PP.06-kpt/05/KPU/I/2019 tanggal 30 Januari 2019 tersebut menetapkan nama anggota komisioner KPU di seluruh Indonesia. 

"Khusus anggota KPU Riau ada 10 nama yang ditetapkan," ucapnya. 

Dari 10 nama tersebut nantinya akan dilantik 5 nama berdasarkan urutan peringkat teratas, sementara 5 nama lainnya akan berfungsi sebagai cadangan atau pengganti antar waktu (PAW). 

"Lima nama akan berfungsi sebagai cadangan atau PAW bila ada diantara komisioner yang berhalangan tetap, seperti sakit dan lainnya, " terang Rudinal. 

Saat ditanya kapan lima nama itu akan dilantik, Rudinal mengatakan pelantikan akan dilakukan sesuai dengan akhir masa jabatan (AMJ) KPU Riau yakni 19 Februari 2019 mendatang.

"Sementara untuk KPU kabupaten/kota yang sudah menjalani seleksi di Timsel mereka masih akan menjalani satu tahapan lagi yakni fit and proper test yang akan dijadwalkan oleh KPU RI. Pelantikan sesuai AMJ mereka, 5 Maret 2019. Khusus Meranti akan dilakukan proses rekrutmen Tim Sel lebih dulu baru dilakukan seleksi, AMJ mereka 1 April 2019," sebutnya. 

Rudinal, seperti dilaporkan koranmx.com berharap dengan komposisi komisioner yang baru ini dapat menjalankan tugas dengan baik. Menurutnya lima nama teratas telah menjalankan proses seleksi yang amat ketat, mulai dari Tim Seleksi di Riau hingga fit and proper test yang dilakukan oleh KPU RI. 

"Ini merupakan nama-nama terbaik, satu diantaranya merupakan incumbent komisioner KPU Riau dan ada tiga nama lainnya yang juga pernah di Bawaslu dan KPU di kabupaten/kota, " terangnya. 

"Saya yakin mereka siap memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara, terlebih kita akan melaksanakan Pemilu pada 17 April 2019 mendatang, " pungkas Rudinal. 

Adapun 10 nama anggota KPU Riau berdasarkan urutan peringkat : 

1. Ilham Muhamad Yasir SH LLM

2. Firdaus SH

3. Abdul Rahman SE

4. Nugroho Noto Susanto SIP

5. Drs Joni Suhaidi

6. Khery Sudeska SP

7. Yasrif Yakub Tambusai SH MH

8. DR Saut Maruli Tua Manik SH MH

9. Dr Ir T Edy Sabli MSi

10. Alnofrizal SE M Ikom. (R03) 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index