BKMG Klaim 215 Hotspot di Sumatera

Pekanbaru dan Rengat Redup Karena Asap

Pekanbaru dan Rengat Redup Karena Asap

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Ketebalan asap di Provinsi Riau semakin parah. Semenjak pagi hari, kabut asap yang menyelimuti beberapa daerah di Riau mulai berdampak pada berkurangnya intensitas warga di luar rumah.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mengklaim terjadi pertambahan jumlah titik api dan titik panas di wilayah Sumatera dalam dua hari terakhir. Rabu (26/8/2015), petang setidaknya 215 hotspot terpantau di wilayah Sumatera.
Sumatera Selatan menjadi penyumbang terbesar ketebalan asap.  Disusul jambi yang juga mencapai 100 titik api. Adapun untuk wilayah Riau, hanya ditemukan 4 lokasi titik panas. ''Di Pelalawan 1 titik, Indragiri Hulu 1 titik, Indragiri hilir 1 titik serta Kuansing 1 titik,'' ungkap Kepala BKMG Pekanbaru, Sugarin.

Akibat tebalnya asap kiriman dari provinsi tetangga, sejumlah wilayah di Riau seperti Indragiri Hulu ditutupi kabut tebal. begitupun Pekanbaru, jarak pandang meski masih diatas ambang kelayakan, khusunya di wilayah bandara, namun, perkiraan hanya berkisar 2 kilometer saja. Kondisi ini sedikit membaik dibandingkan sehari sebelumnya, dimana jarak pandang hanya sekitar 1 kilometer pada siang hari dan 500 meter pada pagi hari.

Pergeseran angin dari wilayah Sumsel dan jambi menyebabkan serbuan kabut asap menebal di wilayah Riau.(R01)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index