Kabut Asap Selimuti Langit Pelalawan, Jarak Pandang 4 Km

Kabut Asap Selimuti Langit Pelalawan, Jarak Pandang 4 Km

PANGKALAN KERINCI (RIAUSKY.COM) - Kabut asap selimuti langit sejumlah daerah di Kabupaten Pelalawan. Tak terkecuali langit ibu kota Kabupaten Pelalawan, Pangkalan Kerinci. 

Sementara itu, BPBD Pelalawan menginformasikan bahwa kebakaran hutan dan lahan (Karlahut) diperkirakan telah mencapai 20-30 hektar (Januari-6 Maret) tersebar di tiga kecamatan.

Kapala BPBD Pelalawan Drs H. Hadi Penandio.M.Si, Selasa 5 Maret 2019, kepada media ini mengatakan bahwa pihaknya tengah berjibaku memadamkan kebakaran ditiga kecamatan (Kuala Kampar, Teluk Meranti, Pangkalan Kerinci). Dan pihaknya juga telah menambah tim untuk diturunkan kelapangan agar titik-titik api segera dipadamkan.

"Upaya pemadaman terus kita lakukan. Diantara menambah peepersonil dilapangan. Diantaranya tim yang ditambah dari BPBD sendiri, kemudian dari satu tim Satpol PP, Tim Manggala Api, Retdamdisbun," ujarnya serta dari pihak TNI/Polri serta masyarakat. Ini pemadaman jalur darat. 

Untuk pemadaman lewat udara, terus juga dikerahkan mengunakan heli (water boming,). 

Untuk kendala yang dihadapi tim di lapangan, sambung Hadi Penandio, adalah sulitanya mendapatkan air, kemudian ketebalan gambuk sehingga menyulitkan mencapai titik api, dan jauh sumber air dikanal bloking.

"Saat ini, tim juga membangun sumber air melaui pemboran dititik api,"imbuhnya

Kemudian terkait, Kabut asap yang menyelimuti lagit Kabupaten Pelalawan sekira pukul 06:00 wib - 09:00 wib tadi pagi, Ia mengatakan faktor kabut dari uap air, untuk jarak pandang 4 km. (R09)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index