Di Rambah Samo-Rohul, Petugas Medis Datangi Warga Pakai Sepeda Motor untuk Periksa TB

Di Rambah Samo-Rohul, Petugas Medis Datangi Warga Pakai Sepeda Motor untuk Periksa TB
dr Hj Siti Zubaidah,(jilbab merah) Kepala Puskesmas Rambah Samo I-Rokan Hulu saat memperlihatkan Sepeda Motor yang dimodifikasi

RAMBAH SAMO (RIAUSKY.COM) - Kepala Puskesmas Rambah Samo I Kabupaten Rokan Hulu dr Hj Siti Zubaedah, telah menyediakan satu unit sepeda motor yang dimodifikasi dengan membawa perlengkapan medis. Petugas medis akan  memeriksa batuk dan dahak warga di Kecamatan Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu.

Petugas medis yang telah ditunjuk dengan jadwal kunjungan kerja ke 9 Desa Binaan Puskesmas Rambah Samo I akan memeriksa batuk dan dahak warga, apakah terkena penyakit Tuberculosis (TB) atau tidak.

Petugas akan memeriksa kesehatan dan membawa dahak warga tersebut ke Laboraturium milik Puskesmas Rambah Samo I yang berlokasi di Desa Rambah Samo Barat Kecamatan Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu.

Penjelasan itu disampaikan oleh Kepala Puskesmas (Kapus) Rambah Samo I Kabupaten Rokan Hulu dr Hj Zubaidah kepada Riausky.com, Selasa (05/03) terkait dengan inovasi pelayanan kesehatan yang dilakukan petugas medis di Kecamatan Rambah Samo.

"Jadwal kunjungan ke desa binaan sudah ditetapkan. Petugas akan mendatangi warga untuk memeriksa gejala TB di Kecamatan Rambah Samo. Warga mesti sehat. Itu tekad tim medis Puskesmas Rambah Samo I." Papar mantan Kapus Rokan IV Koto ini.

Dijelaskan dokter yang akrab dipanggil Siti ini, modifikasi sepeda motor yang dijadikan alat transportasi petugas medis ke lapanga, merupakan kerjasama Puskesmas Rambah Samo I dengan PT Sawit Asahan Indah yang beroperasi di Kecamatan Rambah Samo.

Ditambahkan dr Siti, Inovasi pelayanan kesehatan terhadap masyarakat dengan memakai sepeda motor yang dimodifikasi itu, mendapat Penghargaan dari Dinas Kesehatan Rokan Hulu dan Pemda Rokan Hulu. 

Inovasi pelayanan kesehatan dengan sepeda motor ini juga akan diikutkan pada lomba Inovasi Kesehatan Tingkat Provinsi Riau dalam waktu dekat ini.(R19)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index