'PANAS'...Toyota Serukan Avanza Perang Melawan Mitsubishi Xpander

'PANAS'...Toyota Serukan Avanza Perang Melawan Mitsubishi Xpander

RIAUSKY.COM - Sejak mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) Mitsubishi Xpander meluncur menjadi pesaing berat bagi Toyota Avanza. 

Sebelum kelahiran Mitsubishi Xpander, Toyota Avanza bersaing dengan saudara jauh, Daihatsu Xenia. Namun persaingan dengan Xpander terasa lebih berat karena selisih penjualannya tipis.

Bahkan beberapa kali Mitsubishi Xpander berhasil menggusur Toyota Avanza dari posisi pertama di pasar MPV. Meski demikian, PT Toyota Astra Motor belum menganggap kesuksesan Xpander.

Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), Fransiscus Soerjopranoto, mengatakan mulai hari ini TAM menyatakan perang Toyota Avanza dengan Mitsubishi Xpander.

"Mulai hari ini kami canangin perang melawan (Xpander)," ujarnya kepada wartawan, di Kemang, Jakarta Selatan, Rabu 13 Maret 2019 sebagaimana dikutip dari Tempo.co.

Ada beberapa alasan kenapa TAM beranggapan bahwa Mitsubishi Xpander belum dapat menyaingi Toyota Avanza di pasar MPV Indonesia. Yang paling utama terkait total penjualan. Ia menyebut Xpander lebih pantas bersaing dengan Suzuki dan Honda.

"Kami dari toyota sebetulnya menganggap Xpander itu belum sukses. Kenapa angka maksimum wholesales (dari pabrik ke diler) masih dipegang Avanza 21.000 unit. Kedua bersaingnya itu sebetulnya di Suzuki ertiga dan satu lagi Mobilio. Itu udah pernah 11.000 sama 10.000 pada 2014. Dia baru setara sama Xenia 7.000-an level," sebutnya.

TAM menilai Mitsubishi Xpander belum sukses mengalahkan produk yang dijuluki 'mobil sejuta umat' itu. Soerjo meyakini Toyota Avanza akan terus lebih baik dari Mitsubishi Xpander

"Belum bisa di atas itu (wholesales 21.000). Jadi belom bisa bilang udah bisa ngalahin Avanza. Pokoknya kami akan lebih kuat dari Xpander. Sudah pasti. Tahun lalu udah jelas, tahun ini ya harus tetap leading," ujar Soerjo. (R02)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index