Waduh, Cuma Gelar Apel Kebangsaan, Undang Slank Hingga Mahfud Md, Pemprov Jateng Rogoh APBD Rp 18 Miliar

Waduh, Cuma Gelar Apel Kebangsaan, Undang Slank Hingga Mahfud Md, Pemprov Jateng Rogoh APBD Rp 18 Miliar

RIAUSKY.COM - Apel Kebangsaan bertajuk "Kita Merah Putih" dengan peserta diperkirakan mencapai 130 ribu orang akan digelar di Kota Semarang hari Minggu (17/3) mendatang. 

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Jawa Tengah memastikan tidak ada atribut politik di sana.

Acara digelar di kawasan Simpang Lima Semarang dengan 4 panggung yaitu panggung utama di Lapangan Simpanglima, kemudian panggung di Jalan Pahlawan, Jalan Pandanaran dan Jalan Ahmad Yani. 

Kegiatan akan dibagi dalam dua segmen dan dimulai pukul 06.00 pagi. Segmen pertama yakni Suara Kebangsaan dan segmen kedua Orasi serta Deklarasi Kebangsaan.

"Apel Kebangsaan ini akan melibatkan seluruh komponen yang ada di Jateng, seperti santri, pramuka, linmas, pekerja, petani, nelayan, pelajar, seniman, mahasiswa, pelajar, tokoh lintas agama hingga olahragawan dan kelompok difabel," kata Kepala Badan Kesbangpol Jateng, Achmad Rofai dalam siaran pers.

Rencananya, sejumlah tokoh yang akan mengisi orasi yakni Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, KH. Maimun Zubair, Habib Luthfi, Gus Muwafiq, KH Munif Zuhri, Prof Mahfud MD, KH Ahmad Daroji, Uskup Rubiatmoko (Keuskupan Agung Semarang), Pendeta Eka Laksa (PGI), Nyoman Suraharta (PHDI), Go Boen Tjien (Matakin) dan Pujianto (Walubi). 

"Tokoh-tokoh kita pilih karena komitmen dan perhatiannya pada pembangunan semangat nasionalisme dan kebangsaan. Seni dan budaya yang ditampilkan pun yang memperlihatkan keberagaman Indonesia," tambahnya. 

Artis nasional juga akan meramaikan acara yakni Slank, Letto, Armada, Virza, Nella Kharisma dengan MC Vincent-Desta dan Cak Lontong. Ada juga paduan suara mahasiswa, paduan suara gereja, Tari Saman dari siswa SMA, sholawat Kanzus Habib Ali Zaenal Abidin, dan ada juga Tarian Barongsai.

Panggung di Jalan Pahlawan akan menampilkan Nella Kharisma, di Jalan Ahmad Yani ada Virzha, di Jalan Pandanaran ada Armada, dan panggung utama Simpang Lima ada Letto, Slank, Vincent, Destha, dan Cak Lontong. 

Acara tersebut bebarengan dengan Car Free Day dan diharapkan bisa mengajak masyarakat untuk mengikuti Apel Kebangsaan. Rofai menegaskan tidak akan ada atribut politik di sana.

"Tidak ada atribut yang berkaitan dengan pilpres atau pileg, yang ada hanya merah putih. Semua nanti pakai ikat kepala merah putih. Ini hanya kebetulan saja pelaksanaannya mendekati pemilu, tapi tidak ada kaitannya," tegasnya.

Sebanyak 1.300 personel keamanan disiapkan mengawal Apel Kebangsaan "Kita Merah Putih". Kabag Ops Polrestabes Semarang, AKBP Iga DP Nugraha mengatakan, personil keamanan yang disiapkan tersebut berasal dari tim gabungan TNI/Polri, Pemprov Jateng dan Pemkot Semarang.

"Sesuai kesepakatan bersama, tim keamanan berasal dari gabungan TNI/Polri, Pemprov Jateng dan Pemkot Semarang. Dengan rincian, sebanyak 800 personil keamanan dari Polri, 300 personil dari TNI dan sisanya dari Satpol PP serta Dishub Pemprov dan Pemkot," kata Iga

Selain persoalan keamanan, panitia pelaksana Apel Kebangsaan jug telah menyiapkan pasukan lain untuk menyukseskan acara tersebut. Diantaranya pasukan kebersihan sebanyak 600 personil, pasukan pengarah massa serta dukungan pasukan dari Damkar dan PDAM.

Mengutip dari website LPSE Jawa Tengah, http://lpse.jatengprov.go.id acara ini diselenggarakan oleh Satuan Kerja (Satker) Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Jateng. Nilai Pagu Paket senilai Rp 18.764.420.000,00.

Tendernya dimenangkan oleh PT. Potensindo Global yang beralamat di Jalan Letjen Suprapto 37A Sido Mulyo Ungaran Kabupaten Semarang. (R01/Detik.com)    

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index