Dihadiri Menkes RI, Wagubri Buka Rakerkesda 2019

Dihadiri Menkes RI, Wagubri Buka Rakerkesda 2019
Menteri Kesehatan RI, Nila F Moeloek (depan) bersama para peserta saat melakukan senam peregangan di sela-sela kegiatan Rakerkesda, Senin (25/3)

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Afrizal Natar Nasution membuka acara Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) 2019 di Labersa Grand Hotel, Kabupaten Kampar, Riau.
 
Kegiatan bertemakan kolaborasi Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam menuju cakupan pelayanan kesehatan semesta guna mewujudkan Riau bersatu ini, langsung dihadiri Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Nila F Moeloek.
 
Dalam sambutannya, Wagubri mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau berkomitmen mempercepat standar mutu sarana dan prasarana pelayanan kesehatan. Baik Puskesmas mau pun rumah sakit berplat merah di Riau. 
 
"Pemprov Riau telah memberikan bantuan keuangan kepada kabupaten/kota yang telah diprogramkan sejak 2016 lalu. Ini sebagai bentuk komitmen kita dalam mewujudkan pelayanan kesehatan yang baik dan berkualitas," kata Wagubri, Senin (25/3/19).
 
Selain itu, dipaparkan Wagubri juga, Pemprov telah mengakreditasi Puskesmas di 147 dari 100 kecamatan yang ditargetkan pada 2018. Kemudian untuk Puskesmas rawat inap juga telah melaksanakan Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Dasar (Poned) sebesar 79 persen, dari seluruh Puskesmas. 
 
"Capaian ini melebihi dari target awal yang hanya ditargetkan 75 persen," papar Wagub.
 
Selain itu, untuk pelayanan kesehatan rujukan, juga terjadi peningkatan capaian jumlah rumah sakit pemerintah yang terakreditasi dari target 17 rumah sakit pemerintah. Sementara yang terealisasi mencapai 21 rumah sakit pemerintah atau terealisasi 110,1 persen.
 
Capaian positif lainnya terjadi di rumah sakit yang melaksanakan program pelayanan Obsetri Neonatal Emergensi Komprehensif (Ponek). Yakni terjadi peningkatan dengan capaian 85 persen, dari target awal 75 persen.
 
"Kita sadari membangun pelayanan kesehatan yang berkualitas tidak lah mudah. Namun, Pemprov Riau akan terus berupaya maksimal menghadirkan kesehatan yang berkualitas di provinsi ini," ungkap Wagubri lagi. (R07/Mcr)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index